Bertemu Hiu Paus di Teluk Cenderawasih

BAGAIMANA rasanya berenang dan bermain dengan ikan Hiu raksasa?  Anda berani? Jangan keburu takut, karena ikan Hiu ini bukan jenis yang Hiu yang terkenal buas. Ikan Hiu Paus ( Whale Shark) terkenal ikan yang ramah, dan sangat bersahabat. Tidak percaya? Datang saja ke Teluk Cenderawasih- Kabupen Nabire, Papua, tepatnya di daerah Kwatisore.

Hiu Paus merupakan spesies ikan terbesar di dunia. Spesies ini bisa mencapai panjang 12.65 meter atau kira-kira seukuran Bus Damri.  So, berenang dan bermain bersama ikan raksasa ini di habitatnya, laut Lepas, di  Nabire tentu merupakan pengalaman paling mendebarkan sekaligus mengesankan.  Dengan ukuran sebesar bis kota, bagaimana rasanya berenang dan bermain dengan ikan-ikan ini di habitatnya, laut lepas?

Uniknya, ikan-ikan ini muncul di sekitar bagan (rumah terapung tempat menangkap ikan) yang banyak berebaran di sekitar Tanjung Kwatisore.

Bercengkrama dengan Hiu Paus di Kwatisore-Nabire, Papua (photo: adventure-crnwalk.co.uk)

Ikan-ikan ini biasa muncul pagi dan sore hari saat mencari makan. Sekali muncul, sekitar 3-4 ekor. Kadang lebih. Disana, ikan-ikan ini terbiasa mencari makan di sekitar bagan, karena  nelayan di bagan sering  memberi makan ikan puri  kepada Hiu Paus ini. Meskipun ukurannya yang super besar, makanan Hiu Paus justru plankton dan ikan-ikan kecil.

Cara makannya pun menarik diamati, Ikan Raksasa akan membuka mulutnya lebar-lebar ketika melihat kumpulan plankton atau ikan kecil, dan sekali lewat, kumpulan plangton dan ikan kecil itu masuk dalam . Rongga mulutnya yang luas.

Ikan ini juga tidak takut pada manusia, bahkan mereka terkesan bersahabat. Jika anda menyelam  disekitarnya, atau menyentuh badan nya, Hiu Paus tetap tidak kabur atau mengamuk. Adan yang suka diving atau snorkeling, dapat sepuasnya melihat dan memotret ikan raksasa tersebut. Selfie pun dapat anda lakukan tanpa halangan berarti.  Hanya saja, anda tetap perlu hati-hati. Walau tidak berbahaya, kibasan sirip belakangnya bisa jadi tamparan yang keras di badan.

Untuk mencapai lokasi munculnya ikan-ikan raksasa ini, anda bisa menyewa kapal-kapal nelayan, perahu jhonson atau speedboat masyarakat  yang ada di sekitar Pantai Maf, Nabire. Disana, anda bisa mendapat informasi masyarakat yang bisa mengantar anda ke lokasi bagan-bangan tempat munculnya Hiu Paus.  Untuk biaya sewa atau antar ke lokasi Hiu Paus, dapat digeosiasikan dengan masyrakat yang mengantar kesana.

Alternatif lainnya, anda dapat menghubungi Dinas Pariwisata Pemkab Nabire, akan difasilitasi untuk penyewaan kapal nelayan setempat. Waktu perjalanan dari pantai Maf, Nabire ke Kwatisore, lokasi Hius Paus dapat dilihat, kurang lebih 2 jam perjalanan laut.

Sebagai informasi, Ikan Hiu Paus (Whale Shark) adalah spesies ikan yang terbesar dan bukanlah paus. Hiu ini diperkirakan dapat tumbuh sampai 18-20 m, walaupun sangat jarang ditemukan spesimen yang berukuran di atas 12 m dengan bobot 20 ton. Ikan Hiu Paus yang dapat ditemui di Kwatisore, Nabire rata-rata panjang tubuhnya 4-6 meter.

Pada kulit tubuh ikan ini ada totol-totol putih dan garis di kulit yang berwarna keabu-abuan, kepalanya lebar namun gepeng, mulutnya akan terbuka lebar saat melahap plankton ataupun ikan kecil, serta garis insang dan sirip punggung pertama yang besar telah menjadi ciri khas ikan terbesar di planet ini.   Walaupun ukurannya besar, hiu ini cenderung jinak dan tidak berbahaya untuk manusia.

Dalam bahasa Yaur, atau warga lokal di Kwatisore menyebut Hiu Paus dengan nama Hiniotanibre atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Gorano Bintang ( mungkin karena bintik-bintil putih di tubuh gelap ikan ini bagaikan bintang di malam hari)

whale shark di Nabire muncul sepanjang tahun (photo: divephotoguide com)

Habitan Hiu Paus Kwatisore ini ada dalam areal Taman Nasional Teluk Cenderawasih seluas 1.453.500 hektare ini memiliki keanekaragaman hayati dan tingkat endemisitas yang tinggi. Oleh karenanya, pemerintah menerapkan peraturan yang ketat bagi setiap orang yang akan berkunjung dan beraktivitas di kawasan ini. Tujuannya agar kawasan ini tetap lestari, serta memastikan wisatawan yang berkunjung tetap aman dalam melakukan setiap kegiatan.

Tempat munculnya Hius di Kwatisore merupakan segelintir dari tempat di Dunia yang bisa mengamati dan melihat dari dekat keberadaan Hiu Paus. Jika di wilayah lain di Indonesia dan bahkan di dunia, munculnya ikan raksasa ini bersifat musiman, sementara di Teluk Cenderawasih- Papua, Hiu Paus hadir sepanjang tahun. Inilah keunikan wilayah ini. Jadi, anda bisa datang kapan saja anda mau.

Untuk mencapai Kabupaten Nabire, bisa melalui pesawat udara berbadan besar maupun kecil. Dari Jakarta, bali, Surabaya dan Makassar anda bisa langsung ke Nabire dengan terlebih dahulu transit di Jayapura, Timika dan  Biak. Untuk jadwal penerbangannya, anda dapat mencari info lebih lanjut di prusahaan penerbangan atau travel.  (admin Vip)

foto gambar utama:  www.ozy.com

Peta lokasi tempat wisata ; Hiu Paus Nabire

Tinggalkan Balasan