Sejuknya Pantai Hamadi

Pantai Hamadi merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Jayapura yang menawarkan keindahan panorama pantainya. Pantai ini terletak kurang lebih 3 kilometer dari pusat Kota Jayapura, tepatnya di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Pantai yang memiliki garis pantai kurang lebih 1,5  KM dan luas sekitar 5 hektar persegi ini memiliki dari tarik  yang memikat karena suasana pantai yang menyejukan. Jaraknya yang tidak jauh dan mudah dijangkau dari kawasan kota Jayapura, membuat Pantai ini nyaris tidak pernah sepi. Apalagi saat akhir pekan atau hari libur, selalu padat pengunjung.

Pantai Hamadi punya panorama yang indah. Berhadapan langsung dengan lautan Pacific dan angin laut sepoi-sepoi menjadikan pantai ini cocok untuk bersantai, berekreasi bersama teman, keluarga, kerabat atau sejenak datang ke pantai untuk melepas lelah.

Tembok pembatas penahan ombak, membentuk canal di depan pantai. Menjadi daya tarik tersendiri

Mencapai Pantai Hamadi tidak susah. Dari arah pusat Kota Jayapura melewati Argapura atau Polimak,  lalu sampai di kawasan Entrop, Angkatan Laut dan anda sudah tiba di jalan masuk menuju Pantai Hamadi. Demikian pun dari arah Abepura, melewati Skyland lalu ke Entrop, dan sudah memasuki kawasan Pantai Hamadi.

Dari jalan raya Hamadi –Entrop, anda akan melawati pintu gerbang kawasan Pantai Hamadi, dengan gapura bertuliskan Selamat datang di Pantai Hamadi.  Masuk sekitar seratus meter, disini ada  Pos penagihan karcis masuk. Untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp. 10.000,- , sedangkan untuk Roda empat, Rp. 20.000.

Kawasan pantai ini di kelilingi pepohonan hijau, disebelah kanan dan kiri jalan masuk. Di pantainya, banyak pohon cemara menjulang. Di kiri jalan, kawasan hutan bakau nan hijau. Inilah yang memberikan suasana kesejukan saat menelusuri jalan menuju pantai.

Di sepanjang pantai, terdapat pondok-podok (gazebo) wisata dari para pengelola disana. Umumnya, pengelola adalah masyarakat asli pemilik hak ulayat di pantai ini. Satu pondok wisata anda bisa sewa dengan harga 100-300 ribu. karena harga yang bervariasi, pastikan anda bertanya harganya lebih dulu sebelum anda menyewa dan menempatinya.

Meskipun belum standar tempat wisata nasional, tetapi fasilitas yang tersedia, di Pantai Hamadi sudah cukup lumayan. Ada parkiran yang luas, kamar ganti dan kamar mandi/wc umumnya sudah tersedia. Jika ingin bakar ikan atau acara barbeque, tempat pembakaran pun disediakan pengelola.

Kesejukan dan keindahan Pantai Hamadi di pagi hari

Yang unik, di sepanjang pantai ini, kira-kira 30 meter dari bibir pantai terdapat jalan dari batu karang membentuk semacam tembok alami yang  kokoh diatas permukaan laut. Jika air mulai surut, karang ini menjadi pembatas sekaligus penghalang ombak, sehingga terbentuklah canal yang memanjang sepanjang  Pantai Hamadi. Canal yang tercipta ini kedalamannya paling tinggi 1 meter, sehingga sangat cocok bagi anak-anak untuk mandi, tanpa takut obak besar.

Pantai Hamadi Jayapura boleh dibilang  pantai dengan perpaduan wisata alam dan wisata sejarah. Mengapa? Karena selain alam pantainya yang indah, ternyata ada sejarah dibaliknya. Pantai ini menyimpan bekas dari serpihan perang dunia ke-2. Pada tahun 1944,  pasukan amphibi sekutu pimpinan Jenderal Douglas MacArthur melakukan pendaratan di pantai ini, sebelum meneruskan pejalanan mereka kearah Parific mengejar tentara Jepang dan menguassai sebagian besar wilayah Pasific.

Hingga 10 tahun lalu, sisa-sisa perang dunia ke 2 peninggalan pasukan Sekutu masih terlihat sepertli di Pantai ini Tank, mortir, kendaraan, serpihak bom dan peralatan perang lainnya. namun karena tidak dirawat dan dikelola untuk penetingan pariwisata, benda-benda tersebut sebagain diambil pemulung besi tua, sebagian lagi rusak, karatan dengan sendirinya,  lainnya  terkubur pasir pantai.

Pantai Hamadi akan terlihat sangat indah saat matahari terbenam ketika cuaca cerah. hamparan laut bergelombang dan kapal-kapal nelayan terlihat sibuk mencari ikan membuat pemandangan makin indah.

Tips: Jika ingin menikmati keheningan pantai dan  mendengar pecahan ombak dan suasana yang teduh dan romatis, datanglah pada hari-hari biasa. pada saat ini, tidak banyak pengunjung.

kalau anda merencakan ke pantai ini berkelompok atau bersama keluarga, teman dan kerabat dalam jumlah banyak di akhir pekan, hari minggu atau hari libur, anda harus memesan sewa pondok minimal sehari sebelumnya, supaya ketika anda datang, pondok sudah tersedia. sebaba pada akhir pekan dan  hari libur, pantai ini padat pengujung dari berbagai penjuru kota.

Tidak banyak kios-kios  atau warung yang menyediakan makanan dan berbagai kebutuhan. passtikan anda membelinya dulu di toko/swalayan atau pasar semua kebutuhan sebelum datang ke pantai.

Ada beberapa kios pengelola tempat wisata, namun hanya menjual cemilan dan minuman ala kadarnya.

Untuk kebutuhan kaca mata selam, pelampung, atau baju renang, anda dapat mencari penjual keliling yang sesekali terlihat di Pantai Hamadi menawarkan dagangan mereka, terutama pada akhir pekan atau hari libur.

Jangan lewatkan berwisata di pantai ini, keindahan alam pantai dan lautnya akan memanjakan anda. (ViP)

Tinggalkan Balasan