KOTEKA, Souvenir Unik

Papua punya Souvenir yang super unik. Koteka namanya. Alat ini sejatinya adalah alat pembungkus kelamin tradisional untuk pria umumnya dari wilayah Pegunungan Tengah  Papua. Koteka bentuknya lonjong memanjang dan ujungnya mengerucut. Koteka sendiri terbuat dari tanaman labu hutan yang diambil isinya, dipanaskan dan diproses seterusnya hingga menjadi seperti tabung memajang.  Ukurannya beragam, ada yang panjang lurus, ada juga yang melengkung.

Koteka inilah yang dibuat untuk souvenir. Ada yang untuk pajangan didinding, dihias dalam kaca, hingga ada yang berukuran mini sebagai gantungan kunci.

Warna dominan kuning kecoklatan, dan untuk souvenir, kadang sudah dihiasi ukiran-ukiran atau gambar di koteka tersebut. Ujung koteka juga dihiasi bulu ayam atau bulu burung, supaya terlihat indah dan eksotis.

Souvenir Koteka hamper dapat ditemui disemua Art shop dan Toko Souvenir. Di Wamena, Jayapura atau Timika, suvenir berua koteka mudah ditemukan. Ditoko Souvenir di Merauke, Biak juga ada cenderamata khas Papua ini.

Harganya beragam, biasanya dijual mulai dari Rp 20-50ribuan per buah. Yang harus diperhatikan saat membawa pulang koteka, yakni Anda harus betul-betul menjaganya. Koteka mudah patah jika terbentur barang-barang lain.

Pastikan ketika membeli ( terutama yang berukuran besar) dibungkus dengan rapi dan aman. Jika anda harus naik pesawat, jangan tempatkan di bagasi. Amankan benda ini dengan menentengnya atau menaruhnya dengan hati-hati di kabin pesawat. ***

Foto: cerem.blogspot.com

Tinggalkan Balasan