Lukisan Kulit Kayu dari Asei

Jalan-jalan ke Papua, tidak lengkap jika tidak membawa pulang cenderamata atau buah tangan khas Papua. Salah satu yang bisa anda bawa yakni Lukisan di Kulit kayu dari Kampung Asei, Kabupaten Jayapura.
Seni melukis diatas kulit kayu sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di Pulau Asei. Pulau ini terletak di tengah Danau Sentani. Nama Pulau sama dengan nama kampung yang ada di pulau tersebut. Puluhan keluarga mendiami pulai ini sejak lama.

Bahan kulit kayu diperoleh dari kayu-kayu khusus, diolah dan diproses menjadi lembar-lembar kayu. Dari kayu mentah hingga dijemur menjadi kering. Proses ini bisa berlangsung beberapa hari. Setelah itu, barulah dilukis.

Melukis diatas kulit kayu sudah menjadi tradisi turun temurun, yang diwariskan hingga saat ini.  Lukisan berupa ukiran, dan gambar-gambar yang ditampilkan selain merupakan simbol budaya suku Sentani, tetapi lebihd ari itu, mengandung makna filosofi yang mendalam.

Gambar atau lukisan kulit kayu umumnya menampilkan gambar seperti burung, ikan, buaya, kura-kura, daun sagu, kapak batu,  perahu dan lainnya. Semua dikerjakan dengan bahan-bahan alami oleh tangan-tangan terampil seniman-seniman di kampung ini.

Anda bisa memesannya, atau membeli yang sudah jadi. Ada berbagai ukuran, anda tinggal pilih yang anda sukai.

Satu lembar lukisan dijual antara 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung ukuran dan kerumitan proses pembuatan dan gambar yang ditampilkan.

Jika ingin mendapatkan dari tangan pertama, langsung dari sang seminam, anda bisa ke kampung Asei dari dermaga Pantai Yahim atau pantai Kalkhote, Kabupaten Jayapura. Menyewa perau atau menumpang speedboat milik masyarkat. Perjalanan ke kampung ditempuh kurang lebih 45 menit.

Anda juga dapat membelinya dari tangan kedua atau ketiga, di took-toko Suvenir yang ada di Kota Jayapura seperti di Pasar Hamadi, atau toko seouvenir lainnya, dan di Kabupaten Jayapura, bisa membelinya di Pasar Pharaa Sentani,. Dan beberapa toko souvenir disana. ***

Foto : beatiful-indonesia.id

Tinggalkan Balasan