Ini Dua Opsi Pemda Keerom Untuk Korban Kebakaran di Arso Kota

Wakil Bupati Keerom, Muh. Markum ketika berdialog dengan warga korban kebakaran di Arso Kota. (Foto : Alfred Kaempe/ Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, KEEROM– Korban kebakaran yang terjadi di Arso Kota, tepatnya di samping pasar mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Keerom. Korban kebakaran sebanyak 8 Kepala Keluarga (KK) itu diberikan dua pilihan bantuan yang akan diberikan oleh Pemkab Keerom.

Pilihan pertama, warga korban kebakaran akan direlokasi ke Pasar Sentral Aividjan yang berada di Arso Swakarsa. Dimana korban yang seluruhnya ini berprofesi sebagai pedagang ini dapat menempati los-los pasar yang masih kosong.

Sedangkan pilihan kedua, Pemerintah Kabupaten Keerom akan membantu membangun kembali rumah ditempat kejadian kebakaran, dengan struktur semi permanen.

“Kalau bapak dan ibu memilih solusi pertama tadi, hari ini juga kita bisa urus untuk ditempati. Tapi kalau pilih yang kedua, bisa kami lakukan tapi dengan kewajiban status tanah ini diperjelas dulu,” ujar Wakil Bupati Keerom, Muh, Markum, SE, SH, MH saat mengunjungi dan berdialog dengan korban kebakaran Selasa, (16/2018).

Untuk solusi kedua, kata Markum, pihaknya perlu membicarakan terlebih dahulu dengan pihak pemilik hak ulayat untuk memastikan status tanah.

“Jelas hal ini memakan waktu karena ada prosedur pemerintahan juga yang harus kami lakukan. Salah satunya melakukan penganggaran,” tambahnya.

Untuk itu Pemkab Keerom menyerahkan sepenuhnya kepada korban kebakaran untuk memilih dua solusi yang ditawarkan.

“Silahkan di musyawarahkan dulu kalau sudah ada hasil laporkan ke kami. Jangan lama-lama ya supaya kami bisa cepat mulai,” paparnya.

Sebelumnya dalam pertemuan yang sama Abdul Hamid, perwakilan dari korban kebakaran mengungkapkan, adanya harapan dari seluruh korban untuk uluran tangan pemerintah, untuk membangun kembali tempat tinggal sekaligus tempat usaha mereka yang sudah terbakar.

“Kami sangat mengerti dengan kondisi saat ini. Kami tidak berharap dibantu semua, istilahnya ada sedikit bantuan ke kami untuk meringankan beban,” ungkap Hamid.

Sedangkan untuk pertolongan tanggap darurat, dirinya mengakui tidak ada kekurangan, baik itu makan maupun kesehatan.

“Semuanya cukup, sementara para korban ada yang tinggal dengan tetangganya maupun sanak keluarganya. Kami sangat berharap bantuan dari Pemkab Keerom,” urainya. (***)

Reporter         : Alfred Kaempe
Editor             : Walhamri Wahid

The post Ini Dua Opsi Pemda Keerom Untuk Korban Kebakaran di Arso Kota appeared first on lingkarpapua.com.

Tinggalkan Balasan