Aksi Kejar – kejaran di Teluk Yos Sudarso, Mesin Jhonson Mati, Sempat Lompat ke Laut, Akhirnya Penyelundup Ganja Terbesar di Awal Tahun Ini Dibekuk Marinir

Tiga orang tersangka dengan barang bukti saat jumpa pers dengan Wadan Lantamal X Jayapura, Kolonel Laut (P) Antonius Giarsiwi dan Kabid Pemberantasan BNN Papua, AKBP Muhamad Syafei, Kamis (25/1/2018)

 

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA– Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura berhasil mengamankan 219 bungkus  ganja kering serta 24 linting ganja pada saat melakukan patroli rutin di perairan Teluk Yos Sudarso, Jayapura Papua.

Wakil Komandan (Wadan) Lantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Antonius Giarsiwi, M. Si. (Han) mengatakan, awalnya petugas Satkamla X mencoba menghentikan sebuah speedboat yang melaju ke arah Jayapura namun tak dihiraukan.

“Sekitar pukul 21.00 WIT tepatnya di perairan Pulau Kosong terdengar suara speedboat lintas batas menuju Jayapura, mendengar suara speedboat tersebut, petugas Satkamla X Jayapura memberi isyarat untuk berhenti namun motorace speedboat tersebut tak menghiraukan isyarat dari petugas dan tetap melaju bahkan terkesan berusaha melarikan diri padahl mengetahui isyarat di minta berhenti.

“Akhirnya dilakukan pengejaran oleh petugas Satkamla X Jayapura, saat kejar – kejaran itulah tiba – tiba mesin jhonson mereka terlepas menyebabkan laju speedboad juga berkurang, melambat sehingga bisa di bekuk anggota” kata Kolonel Laut (P) Antonius Giarsiwi, M. Si. (Han), Wadan Lantamal X Jayapura, Kamis (25/1/2018).

Saat mesin speedboatnya mati, motorace dan dua penumpang speedboat lainnya sempat melompat ke laut dengan tujuan berusaha kabur dengan cara berenang meninggalkan speedboat dan barang bukti ratusan bungkus ganja di dalam speedboat, namun patrol marinir berhasil mengamankan mereka.

Informasi yang berhasil di himpun lingkarpapua.com, sebenarnya jumlah penumpang di speedboat ada 4 (empat) orang, namun saat melompat ke laut, hanya 3 orang yang berhasil di amankan marinir, sedangkan seorang lagi belum di ketahui nasibnya, apakah lolos ataukah menghilang di lautan. Namun terkait informasi tersebut belum terkonfirmasi oleh pihak – pihak terkait.

Menurut Wadan Lantamal X Jayapura, penyergapan semalam awalnya ada informasi dari tim Intel Lantamal X yang dikoordinir oleh Dantim Intel Letkol (Mar) Indarto, yang kabarnya ada speedboat bertolak dari PNG menuju Hamadi, Kota Jayapura yang di duga membawa sejumlah ganja.

“jadi info dari Asintel Kolonel Laut (P) Sadikin yang diteruskan ke Asops Lantamal X Letkol Laut (P) Nouldy Tangka, yang atas perintah dari Komandan Satkamla Mayor Laut (P) Alfirut M. Samban sehingga dilakukan penyergapan, kebetulan saat itu anggota kami sedang berada di perairan Teluk Yos Sudarso untuk patroli rutin”, kata Kolonel Laut (P) Antonius Giarsiwi.

Setelah dilakukan penggeledahan, anggota marinir berhasil mengamankan 218 bungkus plastik bening berisikan ganja kering, 1 bungkus kertas koran berisikan ganja kering dan  24 linting ganja kering di dalam speedboat.

Kepala Bidang Pemberantasan Narkoba Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua, AKBP Muhamad Syafei kepada wartawan membenarkan hasil tangkapan marinir tersebut, menurutnya, penangkapan yang terjadi Kamis dini hari kemarin adalah kasus penyelundupan ganja pertama yang terjadi di awal tahun 2018, bahkan yang terbesar selama ini, karena sebelumnya kasus terbesar terjadi medio 2017 dimana berhasil di gagalkan penyelundupan ganja seberat 7,3 Kg.

“pelaku 3 orang inisial PA, RW dan SW, jumlah keseluruhan ganja sekitar 8 Kg, ini yang terbesar selama ini, dan kasus pertama di tahun 2018, selama ini rata – rata 3 Kg ke bawah saja, jadi terima kasih kepada Lantamal X yang telah berhasil menggagalkan penyelundupan ini, dan kami akan proses lebih lanjut kasus ini”, kata AKBP. Muhamad Syafei.

Barang bukti lainnya yang berhasil di amankan diantaranya 1 unit speedboat dan motor temple 40 PK, 4 unit handphone, satu kamera, 1 tas noken dan 1 tas kulit berisi flash disk dan card rider. (***)

Reporter              : Faizal Narwawan
Editor                   : Walhamri Wahid

The post Aksi Kejar – kejaran di Teluk Yos Sudarso, Mesin Jhonson Mati, Sempat Lompat ke Laut, Akhirnya Penyelundup Ganja Terbesar di Awal Tahun Ini Dibekuk Marinir appeared first on lingkarpapua.com.

Tinggalkan Balasan