WAWANCARA DENGAN : KETUM GARDA PEMUDA MAMTA BANGKIT PRO LUKMEN ( MAX ABNER OHEE )

WAWANCARA DENGAN : KETUM GARDA PEMUDA MAMTA BANGKIT PRO LUKMEN ( MAX ABNER OHEE )

Organisasi Pemuda dari Suku Tabi yang berada diseluruh wilayah Mamta dan juga di wilayah kabupaten lainnya di Papua, telah resmi terbentuk. Organisasi ini bernama GARDA PEMUDA MAMTA BANGKIT PRO LUKMEN ( GP Mamba Pro Lukmen ). Team redaksi Tabloid Media Papua ( Renzi Florencia / Flo ) berkesempatan untuk mengadakan wawancara dengan Ketum DPP GP Mamba Pro Lukmen. Berikut kutipan hasil wawancaranya.

Renzi Florencia        : Selamat Siang Kk Max Abner Ohe, Ketum DPP Garda Pemuda Mamta Bangkit Pro Lukmen. Apakah bisa diceritakan tentang keberadaan organisasi GP Mamba Pro Lukmen ini ?

Max Abner Ohee     : Selamat Siang kembali ade Flo, GP Mamba Pro Lukmen ini, adalah organisasi Pemuda dan Masyarakat dari Suku Tabi khususnya dan Masyarakat Non Papua yang beragama Nasrani dan Islam yang berada di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mamberano Raya, Kabupaten Maberano Tengah, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Keerom. DPP GP Mamba Pro Lukmen berpusat di Waena, Jayapura dan kami juga telah membentuk DPD-DPD di kabupaten lainnya di seluruh Papua. Organisasi ini adalah organisasi yang militan yang bergerak secara real di grass root ( akar rumput ). Untuk tingkat Ondoafi, para Ondoafi yang tergabung di 14 Kursi DPRP Jalur Adat juga akan bergerak. Organisasi kami akan didukung penuh oleh para Ondoafi dari tiap-tiap wilayah di Mamta. Dan didalam organisasi ini, kami juga membuat seorang Dewan Pelindung, seorang Tokoh Nasional dari Papua yang bernama Bp. Pdt. Lipiyus Biniluk, M.TH

Renzi Florencia                 : Tujuan didirikannya Organisasi ini apa bisa disampaikan ?

Max Abner Ohee          : Tujuan jangka Pendek dari Organisasi ini, sudah jelas adalah sebagai organisasi yang akan mendukung pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal dalam Pilgub Papua tahun 2018 ini. Sedangkan Tujuan jangka panjangnya adalah Organisasi ini sebagai wahana untuk berkumpulnya Pemuda Tabi dan Masyarakat Non Papua sebagai partisipasi untuk ikut serta dalam membantu pemerintah daerah membangun Papua serta mengawasi jalannya pembangunan yang dilaksanakan.

Renzi Florencia        : Bagaimana kira-kira Kk Max Abner Ohee melihat persaingan kedua kandidat calon Gubernur Provinsi Papua ini dalam Pilgub bulan Juni tahun 2018 ini ?

Max Abner Ohee     : Persaingan yang terjadi akan seru, karena Cuma ada 2 kandidat calon Gubernur, maka akan terjadi Head to Head atau duel, dalam upaya meraih suara dukungan dari masyarakat. Sudah menjadi rahasia umum, berbagai siue dan strategi akan dipakai oleh team sukses kedua kandidat calon Gubernur ini. Apakah issue hasil pembangunan, issue suku, issue Agama, dan juga issue tentang keberhasilan atau kegagalan dalam memimpin Papua bagi Gubernur Patahana.

Renzi Florencia        : Mengapa Organisasi ini hanya untuk masyarakat suku Tabi dan masyarakat non Papua ? 

Max Abner Ohee    : Nah…point inilah yang kami anggap krusial….kami melihat, bagi pasangan Lukmen untuk wilayah pengunungan Papua, mereka dua sudah kuat dan punya basis massa yang militant. Sedangkan untuk dikalangan suku Tabi khususnya kami memandang bahwa kekuatan Lukmen masih belum terlalu kuat. Apalagi dikubu kandidat gubernur pesaing, HMS adalah putra Tabi, sudah pasti hal ini akan menjadi pertimbangan yang sulit bagi masyarakat suku Tabi yang ada di 5 kabupaten dan 1 kota itu. Begini, secara tersirat, dalam adat dan budaya masyarakat Papua, masih banyak masyarakat yang juga menilai dan memilih dari sudut pandang kesukuan. Hal inilah yang menjadi tugas kami untuk megadakan sosialisasi dan pencerahan pada masyarakat agar dalam menentukan pilihan tidak lagi dengan melihat unsur kesukuan, tetapi lihat dari hasil Kinerjanya dan Konsep Rencana Program kerjanya dari seorang calon kandidat Gubernur itu. Oh..iya, patung pemuda Papua yang ada didepan Gedung Negara itu, adalah diri saya yang dijadikan sebagai modelnya. Itu artinya, saya sebagai Putra Tabi, ikut menjaga Gedung Negara Papua dan juga berkewajiban untuk memenangkan Gubernur yang saat ini tinggal di Gedung Negara itu, yaitu KK Lukas Enembe, Sang Pemimpin Besar Papua.

Renzi Florencia        : Bagaimana langkah-langkah kongkritnya dari GP MAMBA PRO LUKMEN untuk mensosialisasikan kegiatan itu ?

Max Abner Ohee     :  Kami dalam kegiatan ini akan masuk secara pendekatan Adat dan pendekatan kekeluargaan. Kami akan road show dari satu kampong ke kampung lainnya untuk menjelaskan program yang akan kami sampaikan ini. Jika perlu, kami akan mengadakan kunjungan door to door, kami akan blusuk-an ke tiap rumah penduduk dan kami akan berdiskusi secara dari hati ke hati. Dan kami juga…akan mengadakan beberapa kegiatan sosial dan perlombaan-perlombaan olah antar kampung seperti pertandingan Futsal, Bola Vollly, Badminton, catur yang kami akan upayakan bisa memperebutkan piala Gubernur. Dan untuk warga Non Papua yang muslim. Kami akan mengadakan pertandingan/lomba Azan, lomba membaca Asmaul Husna antar ibu-ibu Majelis Taklim. Dalam bidang Seni dan budaya, kami akan menfadakan lomba Vokal Group antar kampung. Lomba baca puisi dan juga lomba Tari Traditional Papua.

Renzi Florencia        : Apakah nantinya akan ada rencana Deklarasi ?

Max Abner Ohee     : Iya, rencananya ada, mungkin kami akan laksanakan di Kabupaten Sarmi. Karena selama ini, Pak Lukas Enembe sudah banyak mengadakan acara deklarasi di sekitar Jayapura, kita akan coba ramaikan daerah luar kota Jayapura, di walayah Kabupaten Sarmi. Jadi gaungnya juga terasa diluar kota Jayapura.

Renzi Florencia        : Bagaimana menurut pandangan KK Max Ohee tentang hasil dicapai oleh Bp Lukas Enembe sebagai Gubernur Provisi Papua untuk Periode yang pertama ini ?

Max Abner Ohee       : Pertama, sebagai anak Papua dari Suku Tabi, saya sangat bangga dengan sosok kepemimpinan KK Lukas Enembe. Beliau KK Pemimpin Besar. Pemikiran beliau sangat maju kedepan, itulah sebabnya banyak orang yang menyebut bahwa Lukas Enembe adalah Pemimpin Papua yang Visioner.  Beliau  kelas dan levelnya  sudah menjadi tokoh pemimpin nasional yang cukup disegani di nusantara ini. Berbagai prestasi fenomenal telah dicapai oleh beliau. Beliau sangat tulus dan ikhlas dalam memimpin Papua, karena prinsip yang beliau dalam membangun Papua ini ialah Kasih menembus perbedaan.

Jika kita mau bicara jujur…….belum ada Gubernur Papua yang Kinerjanya sebaik dan se-cermelang KK Lukas Enembe ini. Lihatlah….semuanya dong benahi….dari mulai Tata Adminitrasi Pemerintahan, Tata Kelola Keuangan, sampai pada pembenahan asset-asset Pemerintah Provinsi yang jumlah nilainya antara Rp 3 T sd Rp 5 T yang telah beliau data dengan baik. Lalu kehidupan sosial masyrakat di Papua yang aman dan damai serta kehidupan antara umat beragama yang harmonis sekali. Semua itu tercipta karena KK Lukas Enembe telah berupaya keras sekali untuk membangun hal itu. Dan jika berbicara soal hasil pembangunan, apa yang dikerjakan oleh KK Lukas Enembe saat ini, fakta dan senyatanya seperti hasil pembangunan yang dikerjakan dalam periode 10 tahun. Hebatnya KK Lukas Enembe, hasilkan berbagai pembangunan ini dalam masa yang hanya 5 tahun saja.

Dalam masa pemerintahan KK Lukas Enembe sebagai Gubernur Papua, juga terjadi hubungan dan kerjasama yang harmonis dengan pemerintah Pusat dan Presiden Joko Widodo. Bahkan pada awal tahun 2018 ini, KK Lukas Enembe sudah menciptakan SEJARAH DENGAN TINTA EMAS, yang mana Provinsi Papua bisa mendapatkan 10 % saham PT Freeport dan Smelter PT Freeport akan dibangun di Papua. Turbolensi Efect dari keberhasilan mendapatkan 10 % saham PT Freeport ini akan berdampak pada berbagai bidang pembangunan di Papua dan juga peningkatan ekonomi Provinsi Papua nantinya…yang Pasti, Papua benar-benar akan bisa terwujud cita-cita Papua Bangkit Mandiri Sejahtera itu.

Makanya kami berjuang dengan keras agar benar-benar bisa memastikan KK Lukas Enembe bisa terpilih kembali sebagai Gubernur Papua. Kami tidak bisa membayangkan jika nantinya dalam 5 tahun kedepan, Papua tidak dipimpin oleh Kaliber Pemimpin seperti KK Lukas Enembe. Mungkin Papua akan kembali mundur dalam hal pembangunannya.

Renzi Florencia        : Waah luar biasa dan Mantap sekali Program Kerjanya dan juga hasil wawancaranya, semoga sukses KK Max Abner Ohee, salam hormat untuk semua para pengrus DPP GP Mamba Bangkit.

Max Abner Ohee     : Terimakasih ade Flo….Salam hormat kembali.

Laporan Wawancara, Renzi Florencia ( Tim Redaksi Tabloid Media Papua )

https://www.facebook.com/photo.phpfbid=379294579190347&set=t.100013294241241&type=3&theater

Tinggalkan Balasan