Delapan Kasus Gizi Buruk Ditemukan di Merauke

Metro Merauke – Delapan anak di Kabupaten Merauke, Papua mengalami gizi buruk, dan menjalani perawatan di RSUD Merauke. Tiga di antaranya merupakan pasien gizi buruk rujukan dari Puskesmas Karang Indah, Kelapa Lima dan Distrik Ulilin.

Direktur RSUD Merauke, Nevil Muskita mengatakan, anak yang menderita gizi buruk tersebut, kini dirawat di ruang perawatan anak, di bawah penanganan dokter spesialis anak.

“Penderita gizi buruk yang masuk ke RSUD Merauke juga mengalami penyakit penyerta seperti diare, infeksi bakteri akut, TB dan radang paru,” katanya kepada wartawan, Jumat (26/01).

Menurutnya, gizi buruk erat kaitannya dengan minimnya suplai gizi, sehingga ketahanan pangan keluarga perlu diperkuat demi meminimalisir hal ini. “Penting dilakukan untuk penanganan permasalahan yang satu ini. Harus ada keterlibatan banyak pihak terkait,” ucapnya.

Katanya, kini kondisi pasien berangsur membaik, namun jika nantinya ketika kembali ke rumah dan tidak mendapat suplai gizi, dimungkinkan penderita akan kembali mengalami kasus yang.

“Hampir setiap tahun kami merawat pasien gizi buruk. Terakhir pada 2017, tercatat ada 41 kasus. Kalau dirata-rata, dalam satu bulan ada tiga kasus gizi buruk. Sekarang masih Januari sudah ada delapan pasien yang dirawat,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Tinggalkan Balasan