Hari Ini Panglima TNI Menuju Asmat, Tiba Timika Rabu Malam Langsung Minta Laporan Dulu

Panglima TNI, Jenderal (Mar) Hadi Tjahjanto saat tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika tadi malam di sambut Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen (TNI) George E. Supit dan Kapolda Papua, Irjen (Pol) Boy Rafli Amar. (Foto : Titie / Lingkar Papua)

 

LINGKARPAPUA.COM, TIMIKA– Panglima TNI (Mar) Hadi Tjahjanto akan melakukan kunjungannya ke Kabupaten Asmat, Kamis (1/2/2018), setelah Rabu (31/1/2018) kemarin sekitar pukul 19.00 WIT menginjakkan kakinya di Timika bersama rombongan menggunakan pesawat milik TNI-AU.

Jenderal bintang empat ini, berencana melakukan kunjungan di sejumlah lokasi di Asmat untuk mengetahui sejauh mana penanganan TNI terhadap kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) yang terjadi di Kabupaten Asmat, Papua.

Setibanya di Kabupaten Mimika kemarin, Panglima TNI langsung menuju ke Hotel Sheraton untuk mendengarkan laporan dan pemaparan dari Pangdam XVII/Cenderawasih dan Tim Satgas Kesehatan yang sudah bertugas terkait capaian dan kendala ataupun masalah yang dihadapi selama ini.

Dalam pertemuan di Sheraton Hotel Timika kemarin di paparkan semua tentang awal kejadian KLB Asmat, data-data tentang hasil temuan KLB termasuk tindakan yang saat ini sudah dilakukan oleh Tim Satgas Kesehatan.

Dimana berdasarkan hasil paparan, terdapat 70 anak yang meninggal dunia, 12.864 anak telah mendapat pelayanan kesehatan serta kondisi terkahir saat ini.

Pada paparan tersebut, Jendral Hadi menyatakan saat ini yang dilakukan adalah tanggap darurat, selanjutnya akan dilakukan evaluasi dan rumuskan metode untuk penangangan  masalah gizi buruk tersebut, sehingga kedepan tidak terjadi lagi.

“Saat ini sudah ada bantuan transportasi baik pesawat, helikopter maupun KRI, dan besok akan ada bantuan satu KRI lagi yang dikirim dari Merauke,” kata Jenderal yang dilantik Presiden 8 Desember 2017 lalu ini.

Sebelumnya, Mayjen TNI S.Fadhilah, selaku Kapuspen TNI mengaku pihaknya banyak menerima laporan terkait dengan penanganan yang sudah dilakukan TNI serta dukungan semua pihak, baik Kementerian Sosial, Kesehatan , Pemerintah Daerah baik Kabupaten maupun Provinsi Papua.

“Sejauh ini Panglima ingin sekali datang dan melihat serta  mendengar langsung terhadap apa yang sudah dilakukan, kendala yang dihadapi untuk segera ditangani,” kata Mayjen Fadhilah.

Menurut Kapuspen, Rabu malam Panglima ingin mendapat laporan dulu dari Pangdam XVII/ Cenderawasih, Dansatgas Kesehatan terhadap  apa saja yang sudah dilakukan, dikerjakan. Untuk selanjutnya, direncanakan Kamis (1/2/2018) pagi, rombongan menuju Asmat.

Terkait titik – titik lokasi yang akan di kunjungi oleh Panglima TNI di Asmat, Kapuspen belum bisa memastikan, karena setelah tiba di Asmat dan berkoordinasi dengan Pemda setempat barulah akan di tentukan titik mana saja yang akan di tinjau Panglima TNI.

“memang belum ditentukan  lokasi mana saja yang akan dikunjungi Panglima, sebab  tergantung kondisi cuaca mengingat medan di Asmat juga, tapi yang jelas  untuk lokasi akan ditentukan setelah tiba di Asmat,” katanya.

Menyangkut soal bantuan logistik yang disalurkan TNI, ia mengaku tidak mengetahui jelas, namun yang pasti logistik yang dikirimkan lebih diprioritaskan obat-obatan serta  asupan gizi baik makanan susu dan lainnya, serta  perlengkapan sekunder lainnya yang dibutuhkan termasuk alat-alat dapur.

“ya barangkali teman-teman media sudah tau, yang kesemuanya  untuk memberikan dukungan logistik yang memadai,” katanya.

Soal tenaga medis, saat ini ada sekitar 46 orang, diakuinya, dinamikanya agak sulit dan TNI perlu mempertimbangkan situasi lapangan serta kemampuan.

“TNI juga perlu mengatur lokasi untuk tenaga medis, untuk dilakukan applaus.ya kira-kira berapa lama di satu lokasi, ditarik dan diganti dengan tenaga agar terus bisa mengalir” katanya.

Pantauan Lingkarpapua.com,  Jendral (Mar) Hadi,  tiba di bandara Mozes Kilangin, Timika, Senin (31/1/2018) malam pukul 18.45 WIT dengan menggunakan pesawat Boeing TNI Angkatan Laut.  Bersama rombongannya ia disambut,  Panglima Kodam XVIII/Cenderawasih, Mayjen TNI, George L.Supit, Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar, Danlantamal XI/ merauke, Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno serta sejumlah pejabat teras di kalangan TNI/Polri serta perwakilan PT Freeport Indonesia. (***)

Reporter         : Titie
Editor              : Walhamri Wahid

The post Hari Ini Panglima TNI Menuju Asmat, Tiba Timika Rabu Malam Langsung Minta Laporan Dulu appeared first on lingkarpapua.com.

Tinggalkan Balasan