Kelurahan Samkai Diterjang Air Pasang, Ratusan Jiwa Diungsikan

Metro Merauke – Gelombang pasang setinggi lebih satu meter, melanda permukiman warga pada beberapa rukun tetangga (RT) di Kelurahan Samkai, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (31/01), mengakibatkan rumah warga yang berada di tepi pantai terendam banjir, dan menyebabkan 350 orang diungsikan.

Lurah Samkai, Amelia Padwa bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan kepolisian membantu mengevakuasi warga yang tinggal di sepanjang pesisir pantai Payum ke gedung olahraga (GOR).

Warga diangkut menggunakan truk dan mobil dari Polres Merauke. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Warga kami ungsikan ke tempat yang lebih aman, untuk mengantisipasi adanya gerhana bulan super blood moon yang diperkirakan terjadi malam ini, dan dimungkinkan terjadi air pasang,” kata Padwa kepada Metro Merauke di Pantai Payum, Rabu (31/01).

Menurutnya, gelombang air pasang di Kelurahan Samkai terjadi sejak pukul 09.00 WIT. Air pasang disertai angin kencang dan hujan deras, berlangsung selama beberapa jam, dan sempat merendam permukiman warga sekitar.

Katanya, 350 orang warganya dari beberapa RT yang terdampak air pasang telah diungsikan, dengan memprioritaskan anak-anak, wanita hamil, orang sakit dan lansia. (Nuryani/Arjuna)

Tinggalkan Balasan