Rumah Singgah Anak Jalanan di Merauke Dibangun, 2019

Metro Merauke – Pembangunan rumah singgah untuk anak jalanan di Kabupaten Merauke, Papua rencananya direalisasikan, 2019 mendatang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Merauke, Papua, Herman Gebze mengatakan, kini pendataan anak jalan sedang berlangsung. Tahun lalu, sudah terdata kurang lebih 300 anak, dan akan dilanjutkan pada tahun ini.

“Pembangunan rumah singgah akan kami lakukan sesuai kebutuhan anak. Kami sementara merancang berapa anggaran yang dibutuhkan,” katanya, Kamis (01/02).

Menurutnya, area di daerah Mopa lama yang direncanakan sebagai lokasi pembangunan rumah singgah, sudah dilakukan pembayaran. Kini tinggal menunggu dukungan anggaran pembangunan.

Beberapa pihak lanjut dia, berperan dalam penanganan anak jalanan di antaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, kepolisian, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, pihak advokasi dan Dinas Sosial.

Katanya, anak usia sekolah diwajibkan bersekolah. Yang lain, diberikan pelatihan atau keterampilan, sebagai bekal dasar untuk dikembangkan setelah anak dewasa.

“Saya harap pemerintah segera memperhatikan ini, terutama untuk dukungan anggaran, sehingga kami segera memberikan wadah menangani anak-anak bermasalah di Kabupaten Merauke,” ucapnya. (Getrudis/Arjuna)

Tinggalkan Balasan