Anak dan Balita Pengungsi Banjir Rob Terserang Penyakit

Metro Merauke – Belasan anak dan balita dari tiga RT di Kelurahan Samkai, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua yang merupakan korban banjir rob (air laut pasang), dan ditampung bersama orang tuanya di GOR Hiad Sai, mulai terserang penyakit.

Sebanyak 13 anak dan balita terserang penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ispa), dua anak berusia dua dan tujuh tahun menderita diare.

Seorang petugas medis di posko Gor Hiad Sai, Inda mengatakan, dua anak baru terserang diare, Jumat (02/02) pagi. Pihaknya langsung memeriksa keduanya, dan memberikan bantuan obat-obatan serta oralit.

“Tujuannya untuk melakukan pencegahan, agar tak menular kepada anak-anak lain,” kata Inda kepada Metro Merauke Jumat (02/02).

Menurutnya, belasan anak lainnya terserang ispa sejak hari pertama berada di lokasi penampungan. Tenaga kesehatan yang di tempatkan di lokasi, langsung memberikan pelayanan medis.

Selain anak dan balita lanjut Inda, juga beberapa orang dewasa mengeluh pegal pada beberapa bagian tubuhnya. “Kami berikan obat sesuai keluhannya,” ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Merauke, Thiasony Betaubun mengatakan, anak yang ditampung jumlahnya banyak. “Begitu ada keluhan sakit, petugas medis langsung memberikan pertolongan,” kata Betaubun. (LKF/Arjuna)

Tinggalkan Balasan