Ini Dukungan Bupati Untuk ‘Pahlawan Pangan’ di Nabire Menuju Swasembada Pangan

Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos, MAP di saksikan Dandim 1705/ Paniai, Letkol (Inf) Jimmy T.P. Sitinjak saat menyerahkan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada perwakilan Kelompok Tani di Kampung Bumi Raya, Distrik Nabire Barat. (Foto : dok. Pendam XVII/ Cend)

LINGKARPAPUA.COM, NABIRE— Untuk mewujudkan Kabupaten Nabire sebagai daerah lumbung pangan di Provinsi Papua, perhatian terus di berikan kepada para petani di daerah itu yang di sebut Bupati Nabire, Isaias Douw sebagai “pahlawan pangan”.

Dengan didampingi Dandim 1705/Paniai, Letkol (Inf) Jimmy T.P. Sitinjak, belum lama ini Bupati Nabire menyerahkan bantuan kepada beberapa kelompok tani berupa alat – alat pertanian dan motor untuk memotivasi para petani dan mendongkrak produktifitas para petani di Nabire.

Seperti dalam release yang diterima lingkarpapua.com dari Pendam XVII/ Cenderawasih disebutkan bahwa, Selasa (30/1/2018) bertempat di Balai Benih Padi Kampung Bumi Raya Distrik Nabire Barat, Kabupaten Nabire, Pemerintah Daerah menyerahkan bantuan berupa alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada perwakilan kelompok tani yang ada di daerah tersebut.

“alat pertanian ini harus di rawat, semua harus kerja sama, kita harus tunjukkan semangat dan keseriusan kita, kami dari Pemda dan juga dukungan dari TNI-AD harus kita manfaatkan untuk buktikan ke pemerintah pusat bahwa kita di Nabire sini bisa swasembada pangan, karena petani itu adalah pahlawan pangan, jadi kita harus kerja keras”, kata Isaias Douw, S.Sos, MAP, Bupati Nabire saat menyerahkan bantuan langsung di saksikan oleh Dandim 1705 / Paniai, Letkol (Inf) Jimmy T.P. Sitinjak, Selasa (30/1/2018).

Letkol (Inf) Jimmy Sitinjak secara terpisah menegaskan bahwa jajarannya berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah Daerah untuk menjadikan Nabire sebagai salah satu lumbung pangan di Papua sebagaimana instruksi dari Presiden dan Panglima TNI guna mewujudkan ketahanan pangan di kawasan timur Indonesia, salah satunya di Nabire.

“ini komitmen kami, makanya semua kegiatan pemerintah yang terkait pertanian sekecil apapun pasti kami dukung dan terlibat, bahkan sampai tingkat kampung dengan keberadaan Babinsa di tingkat bawah untuk mendampingi para petani”, kata Dandim 1705/ Paniai dalam release yang di kirimkan Pendam XVII/ Cenderawasih.

Peralatan yang diserahkan kepada Ketua Kelompok Tani diantarnya, traktor roda dua, cultivator, pompa air, rice transpanter, combine harvester besar, kendaraan bermotor roda tiga, mist blower, mesin babat rumput dan gerobak.

Dalam sambutannya usai menyerahkan bantuan tersebut, Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos, MAP mengatakan bahwa swasembada pangan di kabupaten Nabire merupakan investasi untuk mewujudkan kemandirian perekonomian masyarakat dan daerah Nabire.

“dengan mewujudkan pertanian yang mandiri dan sukses dalam bercocok tanam, itu adalah investasi kita untuk anak cucu dan juga daerah ini, demi ketahanan pangan dan kemajuan daerah”, kata Isaias Douw. (***)

Penulis            : Walhamri Wahid
Sumber           : Pendam XVII/Cenderawasih

The post Ini Dukungan Bupati Untuk ‘Pahlawan Pangan’ di Nabire Menuju Swasembada Pangan appeared first on .

Tinggalkan Balasan