Demi Hadiri HUT PI, Ribuan Masyarakat Rela Pertaruhkan Keselamatan

HUT PI
HUT PI
HUT PI – Ribuan masyarakat yang rela pertaruhkan keselamatan dengan menaiki kapal melalui sisi badan kapal motor yang disediakan panitia, demi hadir ke perayaan Hari Ulang Tahun Pekabaran Injil (HUT PI) ke 163 tahun di tanah Papua, Senin (5/2/2018).(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – HUT PI.  Ribuan masyarakat rela pertaruhkan keselamatan demi hadir ke perayaan Hari Ulang Tahun Pekabaran Injil (HUT PI) ke 163 tahun di tanah Papua.

Yakni dengan menaiki kapal melalui sisi badan kapal motor yang disediakan panitia.Tindakan ini terpaksa dilakukan oleh masyarakat karena takut tak mendapat kesempatan hadir pada puncak perayaan HUT PI Ke-163 yang digelar di pulau Mansinam, lantaran jumlah penumpang yang membludak, Senin (5/2/2018).

Hal ini terjadi saat Papuabaratoke.com, memantau langsung dari dua armada kapal motor penumpang yang disiapkan oleh Pemprov Papua Barat melalui Panitia pelaksana HUT PI, di beberapa titik dermaga rakyat dan pelabuhan Manokwari, sejak pukul 08.00 WIT.

Masyarakat nekat memanjat sisi badan kapal KMP. Kasuari Pasific, baik saat menuju dan berbalik dari pulau Mansinam. Selain itu, minimnya kawalan aparat petugas di dermaga mengakibatkan kontrol dan instruksi kepada masyarakat tidak dihiraukan.

“Kami pihak armada kapal dengan kondisi ini, hanya sekedar memberikan himbauan dan sosialisasi dari dalam kapal. Mesti ada kawalan dan pengaturan dari aparat pengaman lainnya dalam hal ini petugas Syahbandar laut, Pelni, dan Perhubungan, serta KP3 laut,” terang Kapten KMP. Kasuari Pasific Januar, S. Wisnuadi kepada Papuabaratoke.com, sore tadi.

Menurutnya dalam jumlah trayek total penumpang ditaksir mencapai 5.600 penumpang yang menumpangi ke pulau Mansinam untuk mengikuti HUT PI tersebut.

“Setiap trayek tadi, terhitung total jumlah penumpang sekitar 600-700-san penumpang. Karena bobot beban muatan kapal telah kita ukur. Jika normalnya kami layani trayek Manokwari-Biak-Numfor, hanya 350-500 penumpang, ditambah sekitar 10-15 buah mobil, dan muatan barang lainnya,” aku Januar.

Terpisah, Erwin Rumadas, salah satu nelayan yang mendadak menjadi supir taksi laut sejak 3 februari 2018 lalu, mengakui mendapat banyak orderan penumpang dan carteran menjelang HUT PI ini.

“Saya sejak 2 hari kemarin mendapat trip menuju mansinam 5- 8 trip normalnya. dimana bisa saya muat sekitar 10-15 penumpang yang ke pulau Mansinam,” ucapnya.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung

The post Demi Hadiri HUT PI, Ribuan Masyarakat Rela Pertaruhkan Keselamatan appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan