Kadistrik Wania Minta LPJ DD 4 Kampung Segera Diselesaikan

Kepala Distrik (Kadistrik) Wania, Leonard Kareth
SAPA (TIMIKA) - Kepala Distrik (Kadistrik) Wania, Leonard Kareth mengharapkan 4 kampung yang di bawahinya agar segera menyelesaikan laporan pertanggung-jawaban (LPJ) penggunaan dana desa (DD) tahap dua, tahun 2017. Selanjutnya di kumpul dan paling lambat pada bulan Maret 2018 mendatang.

"4 kampung yang saya maksud di antaranya Kampung Nawaripi, Mauko Jaya, Mandiri Jaya dan Kadun Jaya. Untuk LPJ DD tahap pertama mereka sudah selesaikan tahun lalu, kalau tahap ke dua ini yang belum," kata Leonard saat ditemui Salam Papua pada Jumat (2/2).

Leonard menjelaskan, dana desa tahap kedua proses pencairannya pada akhir Desember 2017, tepat pada hari raya natal dan menjelang tahun baru 2018. Sehingga di minggu ke dua bulan Januari 2018 barulah pelaksanaan pekerjaan dilakukan. Jika di hitung sesuai aturan, tepat di bulan Maret 2018 pekerjaan sudah seharusnya selesai dan proses penyusunan LPJ juga sudah dilakukan.

“Pengunaan DD di tiap kampung sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja Kampung (RABK), dan besarannya bervariasi," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa, ketentuannya 30 persen untuk pekerjaan infrakstuktur dan 70 persen untuk pemberdayaan masyarakat, artinya ada usaha-usaha yang dilakukan untuk masyarakat di kampung yang disesuaikan dengan dana.

“Selain 4 desa, juga ada tiga kelurahan yang menerima dana Ombas (Stimulan-Red), yaitu kelurahan Inauga, Kamoro Jaya dan Wonosari Jaya. Per kelurahan 100 juta, dan rata-rata semua kelurahan sudah buat LPJ pengunaan dana Ombas dan juga DD 4 kampung tahap pertama," tuturnya.

Sehingga sangat diharapkan untuk dana desa tahap ke dua, semua kampung dalam pembelanjaannya harus memiliki bukti. Sebab, bukti belanja atau bukti pendukung semuanya itu harus dilampirkan dalam penyusunan LPJ. (Ervi Ruban)

Tinggalkan Balasan