Verifikasi Parpol Diawasi Panwaslu

Foto/ilustrasi
SAPA (TIMIKA) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Mimika mengawasi proses verifikasi faktual partai politik (Parpol) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika. Pengawasan dilakukan 2 tahap, sejak verifikasi parpol hingga perbaikan berkas bagi parpol yang belum memenuhi syarat (BMS).

"Sebagaimana diketahui, KPU telah melaksanakan verfikasi faktual dugaan keanggotaan ganda parpol calon peserta pemilu 2019, dan sekarang hari terakhir perbaikan berkas yang BMS," kata anggota Panwaslu Mimika, Budianto saat dihubungi Salam Papua, Senin (5/2).

Budianto juga menjelaskan, Panwaslu yang mempunyai kewajiban mengawasi pelaksanaan verifikasi faktual parpol, untuk memastikan apakah pelaksanaanya sudah benar sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 tahun 2018 Bab II, tentang persyaratan dan pendafatarn parpol peserta pemilu.

"Khusus verifikasi faktual parpol ini, nama-nama yang akan di verifikasi faktual adalah nama-nama yang sudah diturunkan oleh KPU RI dalam sipol. Dimana yang bersangkutan terdapat namanya di lebih dari satu partai," ujar Budi.

Dalam proses verifikasi, hal penting yang perlu diketahui oleh parpol adalah anggotanya harus memegang Kartu Tanda Anggota (KTA) asli. Jika tidak, maka, akan langsung dinyatakan tidak memenuhi syarat sesuai surat keputusan KPU RI Nomor 174.

"Jika dapat menunjukkan KTA, baru ditanyakan pertanyaan berikut, sebenarnya yang bersangkutan anggota partai apa," ujarnya.

Verifikasi parpol oleh KPUD Mimika dilakukan sejak 31 Januari hingga 1 Februari. Selanjutnya, proses perbaikan bagi parpol yang status BMS dilakukan sejak 3 Februari hingga Senin (5/2) kemarin. (Salma)

Tinggalkan Balasan