20 orang Diterjunkan Cek Keabsahan Ijazah Balon

Komisioner Divisi Hukum KPUD Mimika Alfrets Petupetu 
SAPA (TIMIKA) – Komisioner Divisi Hukum KPUD Mimika Alfrets Petupetu mengatakan, proses verifikasi ijazah 7 bakal calon (Balon) baik dari jalur perseorangan maupun partai politik sedang berlangsung. Proses ini sudah dilakukan sejak 23 Januari hingga 10 Februari 2018 mendatang.

“Kami mulainya sudah lama. Sekarang masih ada beberapa kota yang sedang dikunjungi untuk verifikasi tersebut. Tapi, saya tidak bisa mengatakan berapa (tempat) yang sudah dikunjungi,” kata Alfrets saat ditemui wartawan di ruang kerjanya Kantor KPUD Mimika, Jalan Yos Sudarso, Selasa (6/2).

Terkait verifikasi ijazah, hasilnya akan di plenokan sekaligus di publikasikan untuk masyarakat luas, lantaran hal tersebut merupakan salah satu kebutuhan keterbukaan informasi publik.

“Jadi tim yang turun untuk verifikasi ada 20 orang, dan terjun ke beberapa daerah untuk memverifikasi ijazah setiap bakal calon,” katanya.

Proses verifikasi ijazah ini menyangkut keabsahan setiap ijazah bakal calon mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi (PT). Menurutnya, ada beberapa aturan KPU dapat melakukan verifikasi tersebut apabila dibutuhkan.

“Kami sendiri merasa verifikasi tersebut memang butuh dijalankan oleh KPU,” ujarnya.

Adapun 20 orang yang tergabung dalam tim pengecekan keabsahan ijazah tersebut terdiri dari komisioner KPUD Mimika, staf sekretariat dan tenaga pendukung serta Panwaslu.

“Tim sendiri akan menunjukkan surat tugas, ijazah dari balon terkait, dan akan meminta surat konfirmasi keabsahan dari sekolah yang dikunjungi,” ujar Alfrets.

Lanjutnya, jika sekolah terkait tidak menemukan ijazah atau salinan data ijazah yang ditunjukkan KPUD Mimika, maka pihak sekolah diminta untuk memberikan pernyataan bahwa memang yang bersangkutan tidak menempuh pendidikan di sekolah yang didatangi tersebut. (Salma)

Tinggalkan Balasan