Jalan Penghubung Bian-Okaba Rusak Parah

Metro Merauke – Kondisi ruas jalan Bian menuju Distrik Okaba, Kabupaten Merauke, Papua rusak parah.

Selain berlubang, jalan sekira sepajang 36 kilometer itu digenangi air dan lumpur tebal terdapat di sepanjang jalan. Kondisi ini membuat pengendara roda dua, perlu berhati-hati saat melintas.

Kepala Kampung Alatep, Jeina Gebze kepada Metro Merauke, Selasa (06/02) mengatakan, sudah belasan tahun kondisi jalan tersebut, mengalami kerusakan, namun tak kunjung diperbaiki  pemerintah.

“Sudah lama sekali jalan itu tak kunjung diperbaiki. Selain rusak, juga rumput tumbuh di samping kiri dan kanan jalan, sehingga pengendara motor yang melintas harus berhati-hati,” kata Jeina Gebze.

Menurutnya, selama ini transportasi yang dapat digunakan melintasi jalan tersebut hanya motor. Ini disebabkan kondisi jalan kini menjadi hutan dan tak terawat baik.

“Setahu saya, itu adalah jalan provinsi. Tidak tahu lagi dengan cara apa kami bisa bersuara, menyampaikan keluhan masyarakat setiap hari. Saat musim hujan seperti kini, kondisi ruas jalan makin rusak,” ucapnya.

Katanya, waktu tempuh perjalanan dari Bian ke Okaba saat musim hujan kurang lebih empat jam. Jika musim panas, butuh waktu kurang lebih dua jam.

“Inilah kondisi sesungguhnya. Teman-teman wartawan sudah melihat langsung kondisi jalan, sehingga saya tak bisa banyak berkomentar,” ujarnya.

Salah seorang warga Kampung Alatep, Yustinus Boyen mengatakan hal yang sama.

“Dari cerita orang tua kami, dulunya jalan Bian-Okaba itu diaspal. Namun seiring waktu, karena tak dirawat sehingga menjadi rusak sampai sekarang,” kata Yustinus Boyen. (LKF/Arjuna)

Tinggalkan Balasan