Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Rutin Gelar Razia


Kepala Satlantas (Kasatlantas) Polres Mimika,
AKP Indra Budi Wibowo
SAPA (TIMIKA) – Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran tata tertib berlalu lintas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Mimika akan secara rutin mengelar razia kendaraan bermotor pada sejumlah titik di Kota Timika dan sekitarnya.

Kepala Satlantas (Kasatlantas) Polres Mimika, AKP Indra Budi Wibowo mengatakan razia tersebut bertujuan untuk menertibkan kelengkapan dalam berkendara dan kelengkapan surat-surat kendaraan roda dua, roda empat dan juga roda enam.

“Operasi rutin ini kedepannya akan sering kita lakukan, guna menekan tingkat kecelakan lalu lintas dan pelanggaran tata tertib berlalu lintas di jalanan,” kata AKP Indra Budi Wibowo saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor Pusat Pelayanan Polres Mimika, Selasa (6/2).

Untuk melancarkan kegiatan razia, Satlantas Polres Mimika akan melibatkan instansi terkait, seperti misalnya Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika.

Disebutkan, ada dua cara dalam melakukan kegiatan razia ini, yakni razia di tempat dan razia hunting. Untuk razia hunting pihaknya akan melakukan razia atau pengecekan sambil patroli. Apabila ditemukan pelanggaran maka, pengendara akan langsung di tilang di tempat.

Selanjutnya juga ada beberapa pelanggaran yang akan menjadi atensi Polisi Lalu Lintas (Polantas) saat ini, sebab pelanggaran sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengendara di jalanan. Pelanggaran yang menjadi atensi itu seperti tidak memakai helm saat berkendara,  mengunakan knalpot racing, dan tidak mamasang kaca spion serta beberapa pelanggaran lainnya seperti kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Karena pada dasarnya kejadian kecelakaan lalu lintas itu sering terjadi akibat dari pengendara ataupun pengemudi yang melanggar aturan lalu lintas,” terangnya.

Ia mencontohkan, seperti pengendara kendaraan roda dua apabila kedepannya ditemukan pelanggaran seperti diatas, maka akan langsung diberikan tindakan tegas.

“Untuk menekan pelanggaran, selain kita melakukan kegiatan represif berupa penilangan mereka, juga tetap berupaya untuk melakukan langkah prenventif,” katanya.

“Saya juga mengimbau kepada semua pengendara kendaraan bermotor, agar senantiasa menaati peraturan lalu lintas yang ada. Dalam mengendarai kendaraan, menaati aturan yang ada dan tidak ugal-ugalan di jalanan, karena hal tersebut bisa merugikan diri sendiri maupun pengendara lainnya,” imbuh AKP Indra Budi. (Tomy)

Tinggalkan Balasan