Isu Penyelewengan Bantuan Perahu Mantan Kadinkes Anggap ‘Biasa Saja’


Mantan Kepala Dinkes kabupaten Mimika, Philipus Kehek
SAPA (TIMIKA) – Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Mimika, Philipus Kehek menanggapi isu penyelewengan bantuan pengadaan perahu ke semua Puskesmas wilayah pesisir dengan anggapan sebagai sesuatu yang tidak perlu ditakuti alias ‘biasa saja’.

Anggapan ‘biasa saja’ ini diungkap Philipus karena ia merasa penyaluran bantuan perahu itu telah dilaksanakannya dengan baik tanpa melakukan penyelewengan.

“Saya merasa biasa-biasa saja, karena saya merasa tidak berhubungan dengan persoalan penyelewengan anggaran bantuan perahu itu. Karena saya sama selali tidak terlibat, baik penghitungan jumlah perahu, biaya per unit perahu serta hal teknis lainnya. Dan  saya tahu pasti persoalan itu dikerjakan dengan baik,” ungkapnya saat diwawancarai di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem), SP3, Rabu (7/2).

Ia mengakui tidak terlibat langsung dalam pengaturan proses pemberian bantuan berupa perahu tersebut. Sebab, persoalan tersebut ditangani oleh PPTK, akan tetapi PPTK juga melakukan semua prosedur berdasarkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

Philipus menjelaskan, penyerahan 16 unit perahu yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat  tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE.MH di pelabuhan rakyat Poumako. Acara ini juga dihadiri oleh hampir semua wartawan di Mimika. Dengan demikian, media juga menyaksikan bantuan perahu tersebut lengkap tanpa kekurangan, baik fisik  luar dan dalam perahu, peralatan ataupun mesin.

“Selama ini isu itu berkembang luas di masyarakat. Tapi saya merasa biasa-biasa saja. Intinya kalau memang ada yang sengaja mau merugikan saya, itu berarti resiko akan dia tanggug sendiri. Kita juga selalu berniat untuk menjalankan pekerjaan kita dengan sebaik-baiknya. Jadi kalau merasa tidak bersalah, berarti kita tanggapi juga dengan biasa-biasa saja,” jelasnya.

Selanjutnya ia mengatakan, terkait dengan persoalan tersebut, ia telah dipanggil dan memberikan keterangan kepada pihak Kejaksaan.

“Beberapa waktu lalu saya dipanggil oleh Kejaksaan untuk dimintai keterangan. Saya sampaikan sesuai dengan apa yang saya ketahui,” katanya. (Acik)

Tinggalkan Balasan