Kampung Limau Asri Barat Persiapan Pemekaran Sejak 2013


Kepala Kampung Limau Asri Barat, Fransiskus Pineme 
SAPA (TIMIKA) – Kampung Limau Asri Barat (SP 5), Distrik Iwaka, semenjak tahun 2013 sudah mulai padat akan panduduknya. Dan sejak saat itu juga kampung tersebut sudah mulai melakukan persiapan-persiapan terkait pemekarannya dari kampung menjadi kelurahan.

“Oleh sebab itu, sebelum pemekaran, itu kami sudah persiapkan sejak 2013 lalu sampai sekarang. Penduduk sangat padat disini, karena jumlah jiwa tahun 2013 saja sudah mencapai 1.384 jiwa. Tiap tahun selalu ada penambahan. Jadi sekarang sudah sekitar 2 ribuan jiwa,” kata Kepala Kampung Limau Asri Barat, Fransiskus Pineme saat diwawancarai Salam Papua di Gereja Eklesia SP 5 baru-baru ini.

Jumlah penduduk yang mencapai 2 ribuan jiwa, menurut Fransiskus, sudah sangat banyak dan tersebar di 13 RT.

Sebagai Kepala Kampung, persiapan telah dilakukan pihaknya dengan cara menata tata ruang wilayah Kampung Limau Asri Barat sebaik mungkin. Sehingga, jika terjadi pemekaran maka segala bentuk maupun proses administrasi terkait penduduk, sudah tertata dengan baik.

Selain itu, pembenahan juga dilakukan seperti misalnya parit atau got di kampung itu. Apalagi dengan kondisi sejumlah wilayah di kampung itu yang rentan banjir saat intensitas hujan tinggi. Bahkan, penataan kantor untuk Koramil, Polsek dan Bamuskam, kata dia, juga telah dilakukan.

"Kami persiapan sudah sejak 2013 lalu, karena pemekaran itu satu paket, dalam hal ini pemekaran kepala distrik, kepala kampung, polsek dan koramil," katanya.

Sementara itu di kampung tersebut juga sudah terdapat pelayanan pendidikan seperti sekolah, mulai dari TK hingga SMA. (Ervi Ruban)

Tinggalkan Balasan