Kapal Pesiar La Familia Asal Inggris Berlabuh di Pelabuhan Poumako

Kapal pesiar La Familia dari Inggris
SAPA (TIMIKA) - Kapal Pesiar La Familia Asal Inggris sejak Selasa (6/2) lalu berlabuh di Pelabuhan Nusantara Poumako, Mimika. Rencananya, Kapal pesiar tersebut akan mengunjungi Kabupaten Asmat dan Wamena. Tujuh orang penumpang kapal merupakan warga Negara Asing (WNA).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Poumako, Iptu Khoirul Umam kepada wartawan membenarkan kejadian tersebut.

"Memang benar ada kapal pesiar yang saat ini berlabuh di Pelabuhan Poumako. Dan rencana lepas jangkar atau akan meninggalkan pelabuhan pada Kamis (8/2) besok (hari ini, red)," kata Kapolsek Kawasan Pelabuhan Poumako, Iptu Khoirul Umam, saat ditemui wartawan Salam Papua di Pusat Pelayanan Polres Mimika, Rabu (7/2).

Ia mengatakan, kapal pesiar ini berpenumpang tujuh warga negara asing (WNA) yang melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Papua. Di mana sebelumnya kapal ini sempat mengunjungi Kepulauan Raja Ampat di Provinsi Papua Barat dan singgah di Pelabuhan Nusantara Poumako dikarenakan ke tujuh WNA ini akan mengunjungi Kabupaten Asmat dan Wamena.

Kata dia, kapal pesiar ini berpenumpang tujuh orang turis (WNA) dan 14 ABK. Ketujuh WNA sudah dilakukan pemeriksaan oleh pihak Imigrasi Kelas II Tembagapura, sedangkan pihak Kepolisian hanya sekedar mendampingi proses pemeriksaan tersebut.

"Tujuannya touring, karenanya dari Timika ini  para turis akan ke Asmat dengan menggunakan helikopter. Dan besok (hari ini, red) akan bertolak dari Poumako menuju Bali," terangnya.

Sementara Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Kasie Wasdakim) Kantor Imigrasi Klas IIB Tembagapura, Wisnu Galih saat dikonfirmasi mengatakan, kapal tersebut diawaki 14 orang ABK. 12 orang berkewarganegaraan Inggris dan dua orang berkewarganegaraan Selandia Baru dan Filipina.  Sementara untuk tujuh penumpang kapal merupakan WNA Amerika, Rusia, dan Kanada.

Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan, ketujuhnya menggunakan Visa turis yang melakukan touring di Papua, khususnya ke Asmat dan Wamena.

"Hasil pemeriksaan terhadap dokumen tidak ada masalah. Namun kami himbau, setiap WNA yang melakukan kunjungan ke Indonesia untuk informasikan ke kami, agar ada pengawasan," ungkapnya.

Perlu diketahui, kapal pesiar yang saat ini berlabuh di Pelabuhan Nusantara Poumako bernama La Familia dengan nomor 38 tahun 2015 beregistrasi  George Town Inggris. Kapal ini sendiri bertype Pleasure Yacht dengan panjang 47,18 meter, lebar 9 meter, memiliki kedalaman 4,9 meter, dan memiliki berat 671 grosstone (GT). (Tomy)

Tinggalkan Balasan