Polsek Miru Laksanakan Dikmas Untuk Tertib Berlalu Lintas


kanit lantas Polsek Miru, Aipda Baltasar Fasse
SAPA (TIMIKA) – Kurangnya pemahaman masyarakat dan anak sekolah dalam tertib berlalu lintas di Kota Timika, membuat unit lantas Polsek Mimika Baru (Miru) melaksanakan kegiatan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), yang memberikan edukasi tentang tata tertib berlalu lintas. Hal ini dilakukan demi menekan angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di Kabupaten Mimika.

“Kami akan terus melakukan giat Dikmas kepada masyarakat agar  dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di kota Timika,” kata kanit lantas Polsek Miru, Aipda Baltasar Fasse kepada Salam Papua di Polantas Polres Mimika, Rabu (7/2).

Fasse mengungkapkan, sejauh ini unit lantas Miru terus melakukan kegiatan Dikmas, baik di sekolah maupun kepada masyarakat. Untuk di sekolah, Fasse mengaku,  pihaknya selama ini setiap hari Senin telah menjadi agenda rutin menyambangi  setiap sekolah dalam memberikan edukasi kepada siswa tentang tata tertib berlalu lintas.

“Sekolah yang kami datangi yang ada di wilayah hukum (Wilkum) Polsek Mimika baru,” ujarnya.
Fasse menjelaskan, selain sekolah, masyarakat Timika juga selalu diberikan sosialisasi giat Dikmas. Sosialisasi dilakukan dengan mendatangi setiap pangkalan ojek, pangkalan Dump Truck dan pangkalan taksi yang beroperasi di kota Timika.

Diakuinya, kegiatan Dikmas ini mampu memberikan pemahaman dan kesadaran terkait tertib berlalu lintas di jalan raya. Hal ini dibuktikan dengan data kecelakaan yang terjadi di kota Timika akhir-akhir ini.

“Kegiatan ini cukup optimal memberikan pemahaman kepada masyarakat dan anak-anak sekolah tentang tertib berlalu lintas,” ungkap dia.

Selama ini, kata Fasse, pihaknya masih memfokuskan giat Dikmas di tingkat SMA. Namun, memasuki bulan Maret mendatang pihaknya akan turun di setiap sekolah menengah tingkat pertama (SMP) dan juga akan sampai ke tingkat Sekolah Dasar (SD).

“Edukasi dini kepada anak anak sekolah tentang tertib berlalu lintas sangat penting dilakukan, agar kelak di kemudian hari, anak anak tersebut sudah paham pentingnya tertib berlalu lintas,” kata dia. (Tomy)

Tinggalkan Balasan