Gubernur Kukuhkan Pengurus LPTQ, LP3K, LPPD dan LPTG Papua

JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH secara resmi mengukuhkan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), Lembaga Pembinaan Pengembangan Pesparani (LP3K) bagi umat Katolik, Lembaga Pengembangan Tripitka (LPTG) bagi umat Budha dan Lembaga Pengembangan Paduan Suara Daerah (LPPD), Jumat (9/2/2018) di Swissbel Hotel.

Gubernur mengatakan, pembangunan di bidang keagamaan merupakan dasar dari semua bidang pembangunan yang dilaksanakan di Provinsi Papua.

Oleh karena itu, prinsip Kasih Menembus Perbedaan menjadi landasan filosofi kami dalam melaksanakan pembangunan.

“Kasih menembus perbedaan menjadi jawaban untuk merekatkan semua elemen di Papua,” ungkap Gubernur dalam sambutannya.

Dikatakan, apa yang dilakukan ini merupakan salah satu implementasi dari upaya melaksanakan misi kedua “LUKMEN” yakni meningkatkan sumberdaya manusia Papua yang sehat, berprestasi dan berakhlak mulia.

Karena, menurut Guberunur bahwa melalui membaca, memahami dan mengaktulisasikan ajaran dalam setiap kitab suci oleh masing masing umat beragama diyakini mampu melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas sebagaimana harapan kita bersama.

“Pada kesempatan ini selaku Gubernur saya tegaskan bahwa tidak boleh lagi di Tanah Papua ini terjadi konflik yang disebabkan oleh perbedaan agama atau keyakinan. Tidak dibolehkan hadirnya ajaran-ajaran yang bersifat radikalisme diantara pemeluknya, karena semenjak dahulu sampai sekarang masuknya agama-agama di Papua, selalu berlangsungnya secara aman, damai penuh toleransi dan kekeluargaan, sesuai dengan corak masyarakat lokal di wilayah Papua,” tegas Gubernur.

“Saya mengajak pengurus lembaga-lembaga keagamaan dan tokoh-tokoh agama agar bersama sama pemerintah secara terus menerus menyadarkan anak anak kita, terkait larangan minuman keras, bahaya narkoba serta penyakit HIV/AIDS yang kini tersebar hampir di seluruh pelosok tanah Papua. Mari kita semua bersatu menabuh tifa sebagai pertanda perang dengan penyakit-penyakit masyarakat ini, demi menyelamatkan generasi kita sebagai masa depan Papua,” tambah Gubernur.

Gubernur berharap kepada pengurus lembaga keagamaan yang sudah dilantik, agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakan amanah yang diembankan umat dipundak saudara-saudara.

“Jika saudara-saudara komitmen dengan apa yang saya sampaikan ini, maka berarti saudara juga telah membantu mewujudkan visi kita bersama yakni mewujudkan peradaban baru Papua melalui gerakan Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera,” imbuhnya. (lam/rm)

Tinggalkan Balasan