Longsor di Desa Blongko, Jalur Trans Sulawesi Putus

BPJN XV saat turun ke lokasi bencana lonsor di desa Blongko (Foto: Istimewa BPJN)
Papuabaratoke.com – Desa blongko, kecamatan sinonsayang kabupaten Minahasa selatan baru-baru ini dilanda bencana longsor hebat, akibatnya Jalur Trans Sulawesi lumpuh total.

Camat Sinonsayang, Martinus Lahengko,S.Pd  saat di konfirmasi via ponsel, kepada papuabaratoke.com, dikatakannya, bencana longsor terjadi pada Jumat (9/2/2018).Bukit yang berada di desa blongko bergeser dan longsor sehinga menutupi badan jalan trans sulawesi sepanjang sekira 300 meter.

Terpisah, informasi dari BPJN XV (Balai Pelakasanaan Jalan Nasional) wilayah Sulawesi Utara dihimpun dari zonautara.com sebanyak tiga lokasi yang dilanda bencana longsor di sepanjang Jalur Trans Sulawesi, tepatnya dijalur Amurang-Kaia-Maelang-Biontong.

Camat Sinonsayang bersama warga desa Blongko, (Foto:Tribunmanado)

Kepala BPJN Riel Mantik mengatakan saat ini tanah masih bergerak, tapi mulai dibersihkan, menurutnya selain cuaca ekstrim yang melanda wilayah itu, adanya penebangan hutan bukit dibalik desa itu. Sehingga terjadi bencana longsor (sabtu,10/02).Mantik juga menyatakan, pihaknya telah mulai menanami pohon-pohon dibukit itu, namun keburu longsor.

Alat berat sebagiannya sudah tiba untuk membuka tanah longsoran, dikarenakan material longsorang cukup banyak, Mantik juga menghimbau bagi pengguna jalan untuk tidak menggunakan ruas ini. (R17)

The post Longsor di Desa Blongko, Jalur Trans Sulawesi Putus appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan