Ratusan Pimpinan Perusahaan Dialog Dengan Gubernur

DIALOG. Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan dan sejumlah pihak terkait melakukan dialog dengan ratusan pimpinan perusahaan di Papua Barat, Senin (12/2).

Harapkan Perusahaan Prioritaskan Tenaga Kerja Asli Papua

MANOKWARI- Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan dan Direkrut Jenderal Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan (Dirjen Binwasnaker) Kemenaker RI, Irjen Pol. Sugeng Priyanto menggelar dialog dengan sejumlah pimpinan perusahaan besar,menengah maupun kecil, Senin (12/2) di auditorium PKK, Manokwari.
Hadiri diantaranya pimpinan BP yang mengelola LNG  Tangguh, Genting Oil, pimpinan perbankan dan lainnya. Asisten II Bidang Kesejahteraan Sosial Setdaprov Papua Barat, Jack Sawaki bertindak sebagai moderator.
Gubernur meminta dukungan dari  pimpinan perusahan untuk mengatasi permasalahan penganguran dan kemiskinan di Papua Barat. Keberadaan perusahaan-perusahaan besar seperti BP, Genting Oil dan sejumlah perusahaan migas lainnya diharapkan menyerap tenaga kerja lokal asli Papua.
Papua Barat lanjut Gubernur,memiliki potensi sumber daya alam (SDA) sangat besar. “Potensi-potensi yang ada ini juga dinikmati orang asli Papua dengan terlibat langsung dalam pengelolaannya,”tuturnya Dominggus sambil meminta perusahaan yang mengelola SDA juga memperhatikan dan jaga konservasi lingkungan.
Gubernur juga meminta kepada perusahaan besar agar tetap berkoordinasi dan menyampaikan perkembangan investasi dengan pemerintah daerah,tidak langsung melompak ke pusat. Ini dimaksudkan, bila ada masalah di lapangan terkait ketenagakerjaan ataupun hak ulayat dapat diselesaikan bersama.
“Saya harapkan semua perusahaan secara berkala dapat melaporkan perkembangannya baik menyangkut ketenagakerjaan, juga berkaitan dengan pemanfaatan SDA. Terima kasih bagi perusahaan yang selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah,”tuturnya.

Selengkapnya Baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 13/2.(lm)

Tinggalkan Balasan