Bentuk Pansus, MRPB Perjuangkan Keberlangsungan Otsus di Hadapan Presiden Jokowi

MRPB Perjuangkan Keberlangsungan Otsus
MRPB Perjuangkan Keberlangsungan Otsus
MRPB Perjuangkan Keberlangsungan Otsus – Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan resmi melantik Pimpinan Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) masa jabatan 2017-2022, Maxsi N. Ahoren, Amd. Kep, SE, melalui Rapat pleno istimewa pengucapan sumpah/janji pelantikan pimpinan Majelis Rakyat Papua Barat masa jabatan 2017-2022 di aula gedung PKK Arfai, Rabu (14/2/2018). (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – MRPB Perjuangkan Keberlangsungan Otsus. Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) akan membentuk panitia khusus (Pansus) dalam memperjuangkan keberlangsungan otonomi khusus bagi Papua Barat di hadapan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Hal ini dinyatakan Ketua MRPB Maxsi N. Ahoren Amd.Kep, SE, di hadapan sejumlah awak media usai dilantik sebagai Ketua bersama Wakil Ketua I MRPB Maccleurita Bardorita Marianty Kawab, SH, MH dan wakil ketua II MRPB Cyrillus Adopak, SE, MM, oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan masa jabatan 2017-2022, di aula gedung PKK Arfai, Rabu (14/2/2018).

Menurutnya, Pansus ini akan mendorong sejumlah isu yang bermuara pada keberpihakan dan keberlindungan serta pemberdayaan orang asli papua sebagaiman roh dari UU Otsus.

“Tugas Pansus ini, salah satunya untuk memastikan dan memperjuangkan keberlangsungan Otsus bagi Papua Barat di hadapan Presiden Jokowi,” ujar Maxsi Ahoren.

Maxsi Ahoren menuturkan, sebagaimana agenda yang dijadwalkan, pada Rabu 21 Februari 2018 mendatang, MRPB akan bertandang ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Jokowi. Dalam kesempatan itu kata dia, Pansus akan membahas keberlanjutan dari UU Otsus bagi Papua Barat, mengingat Otsus akan berakhir 2021.

“Pansus ini akan bekerja sama semua dengan anggota MRPB menyatukan pandangan untuk meminta petunjuk kepada bapak Presiden Jokowi. Tapi sebelum aspirasi ini kita bawa ke Presiden, kami akan koordinasi lagi dengan bapak (Dominggus Mandacan) Gubernur Papua Barat,” terang dia.

Dijelaskan, dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi nantinya, mengingat akan berkahirnya UU Otsus bagi Papua Barat, Pansus MRPB akan mendorong dan meminta poin-point dalam UU Otsus yang sangat penting menyangkut perlindungan dan keberpihakan serta pemberdayaan orang asli Papua.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, sebagai penguatan internal kelembagaan MRPB, akan membangun komunikasi sinergitas kelembagaan baik dengan eksekutif, legislatif maupun yudikatif di tingkat pemerintah pusat.

“Nah Pansus MRPB ini, selain membahas revisi UU Otsus, kami juga akan meminta kepada bapak Presiden Jokowi, poin-poin yang sangat urgen (Penting, red) menyangkut perlindungan dan keberpihakan serta pemberdayaan orang asli Papua,” Pungkasnya.

Penulis : Kris Tanjung

The post Bentuk Pansus, MRPB Perjuangkan Keberlangsungan Otsus di Hadapan Presiden Jokowi appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan