Perbaikan Jalan Bian-Okaba Dianggarkan Rp5 Miliar

Metro Merauke – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Merauke, Papua, HBL Tobing mengatakan, tahun ini dialokasikan anggaran senilai Rp5 miliar untuk memperbaiki ruas jalan Bian-Obaka.

Menurutnya, dalam waktu dekat jalan sepanjang 36 kilometer yang kini kedua sisinya ditumbuhi ilalang tersebut akan dibenahi, setelah proses tender rampung.

Beberapa jembatan di sepanjangan jalan, juga akan diperbaiki. Jika ada dana sisa, akan dilakukan penimbunan.

Katanya, Bupati Merauke, Frederikus Gebze telah melihat langsung kondisi jalan provinsi yang memprihatinkan itu. Selain rusak parah, kedua sisinya tertutup rumput. Jalan yang dulunya lebar, kini menjadi jalan setapak.

Namun kata dia, pengaspalan jalan belum dapat dilakukan, karena terbatasanya anggaran. Pihaknya akan melakukan perbaikan secara bertahap.

“Intinya, akses jalan dapat dibuka agar masyarakat leluasa bepergian ke kota atau sebaliknya,” kata Tobing kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya belum lama ini.

Pihaknya juga terus berkoodinasi dengan Dinas PU Provinsi Papua. “Ya, kami ambil alih pembongkaran dan penimbunan jalan Bian-Okaba. Tapi jika provinsi siap melanjutkan pengaspalan, akan diserahkan,” ujarnya. (LKF/Arjuna)

Tinggalkan Balasan