Menangkan Keterwakilan Perempuan di Pemilu 2019, KPPI Akan Kawal KPU dan Panwaslu

KPPI Akan Kawal KPU dan Panwaslu
KPPI Akan Kawal KPU dan Panwaslu
KPPI Akan Kawal KPU dan Panwaslu – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yambise (Tengah) dan Ketua Umum KPPI Dewi Septiawati (Kanan) dan Ketua Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Indonesia, Titi Anggreani, serta pengurus dan Anggota KPPI, usai mengikuti rakornas KPPI yang digelar 23 hingga 25 Februari di Provinsi Bali. (Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.com – KPPI Akan Kawal KPU dan Panwaslu.  Perempuan di Pemilu 2019.  Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) akan mengawal Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) di seluruh, provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia dalam Pemilu 2019 mendatang.

Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Papua Barat Partai Garuda, Marlina, pasca mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPPI di Provinsi Bali.

Ia menuturkan, rakornas KPPI yang digelar 23 hingga 25 Februari itu 2018 ini, dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Bali, I Made Mangku Pastika dan dihadiri langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yambise dan Ketua Umum KPPI Dewi Septiawati serta Ketua Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Indonesia, Titi Anggreani.

Marlina menjelaskan, tujuan dari rakornas tersebut, menyatukan langkah guna mengawal dan memenangkan keterwakilan calon legislatif perempuan Indonesia yang berkualitas di Pemilu 2019 mendatang.

“Hal ini sangat penting bagi partai politik (Parpol), terutama mengawal 30 persen keterwakilan perempuan di Pemilu 2019 sebagaimana diatur dalam PKPU,” kata Marlina kepada PBOKe (Papuabaratoke.com), Minggu (25/2/2018).

Dia menyebutkan, DPD Partai Garuda Papua Barat diundang dalam rakornas KPPI sebagai peninjau untuk dapat melakukan pembentukan kepengurusan KPPI di Papua Barat.

Untuk itu, kata dia, dalam waktu dekat akan menjadwalkan audience dengan Gubernur Papua Barat guna menindaklanjuti pembentukan dan pelantikan kepengurusan KPPI di Papua Barat.

“Kami rasa organisasi KPPI sangat membantu bagi (Perempuan, red) kami dalam mengawal pencalegkan di Pemilu 2019 mendatang. KPPI akan melakukan MoU dengan KPU dan Panwas untuk mengawal hak suara di setiap TPS agar hak suara perempuan tidak hilang,” tutur Marlina.

Disebutkan, KPPI adalah organisasi yang dibentuk sejak tahun 2000 silam dan digagas oleh kaum perempuan dari berbagai Parpol yang ada. Rakornas tersebut, juga diikuti keterwakilan perempuan dari sejumlah Parpol di 24 provinsi.

Penulis : Kris Tanjung

The post Menangkan Keterwakilan Perempuan di Pemilu 2019, KPPI Akan Kawal KPU dan Panwaslu appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan