Soedarmo Tegaskan Pelayanan Kesehatan Harus Jadi Prioritas

JAYAPURA (PT) – Pjs. Gubernur Papua, Soedarmo menekankan, pelayanan kesehatan harus menjadi prioritas sebab, hal ini sejalan dengan program Presiden Jokowi yang memberikan kebijakan kesehatan melalui Kartu Indonesia Sehat.

Hal ini diungkapkan Seodarmo kepada wartawan disela-sela kunjungannya ke RSUD Jayapura, Senin (12/3/2018) yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giay, M.Kes dan Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Papua, Tomi Israil Ilolu, SE, M.Si.

Dijelaskannya, kunjungan ke RSUD Jayapura dan RS Abepura, untuk mengecek secara fisik pelayanan dan kondisi dua rumah sakit milik pemerintah tersebut.

“Saya ingin mengecek kesiapan di dua rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Papua ini,” terangnya.

Ditanya mengenai kesiapan kedua rumah sakit tersebut, Soedarmo mengaku dirinya mendapat banyak masukan dari petugas dan dokter yang bertugas terkait pelayanan kesehatan yang masih kurang memadai dan tentunya harus banyak berbenah.

“Ada laporan dari masyarakat bahwa dua rumah sakit ini pelayananannya kurang bagus, serta masalah pemeliharaanya kurang jelas. Sehingga saya perlu cek secara fisik dan tentunya kedepannya pemerintah akan dilakukan evaluasi,” bebernya.

Soedarmo mengaku hasil pemantuannya dimana RSUD Abepura Tipe C tetapi sudah terakreditasi. Namun RSUD Jayapura belum, sehingga tentu perlu ada pembinaan-pembinaan secara terus menerus kedepan.

“Jadi saya akan mengecek juga berapa besaran anggaran yang diberikan Pemprov Papua kepada dua rumah sakit ini. Saya juga akan memeriksa bagaimana pengunaanya apakah sudah sesuai peruntukannya atau belum selama ini,” ucapnya.

“Walaupun pasien yang datang mengunakan BPJS dan Kartu Papua Sehat, itu sudah menjadi hak mereka. Sehingga harus tetap diberikan pelayanan kesehatan yang prima dan harus dilayani dengan baik tampa pandang bulu dia Papua atau non Papua,” tambahnya.

Menurutnya, apapun bentuknya dua RSUD ini harus memberikan pelayanan yang prima atau pelayanan nomor satu. Karena itu kaitannya dengan masalah nyawa seseorang. Sehingga harus menjadi prioritas.

Ia menambahkan, pemberian pelayanan kesehatan di dua RSUD ini jangan main-main. Sehingga manajemen dari  dua RSUD ini betul-betul mempertimbangkan itu, artinya pelayanan prima harus di dahulukan.

“Saya akan cek secara terus menerus di dua RSUD milik Pemerintah Provinsi Papua ini. Secara fasilitas memang masih banyak yang kurang dan harus dipenuhi. Namun paling penting disini pemberia  pelayanan kesehatan disini harus jauh lebih baik lagi jangan membuat pasien itu lebih menderita lagi. Tetapi berikan pelayanan yang bagus sesuai harapan masyarakat saat  ini,” tandasnya. (ing/dm)

Tinggalkan Balasan