Warga Kampung Yawore Hanya Tamatan SD

Warga Kampung Yawore
Warga Kampung Yawore – Foto Ilustrasi Anak-anak SD di Papua.(Foto: Istimewa)
Wasior, Papuabaratoke.com – Warga Kampung Yawore.  Berada di daerah terisolir membuat anak-anak di Kampung Yawore, Distrik Naikere, Kabupaten Teluk Wondama sulit mengakses layanan pendidikan.

Aksesibilitas pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sulit, ini membuat anak-anak di kampung tersebut hanya menamatkan pendidikan dasar (SD) saja. Demikian disampaikan Kepala Distrik Naikere Konstan Natama.

Dia mengatakan hingga kini belum ada satupun anak kampung Yawore yang mengenyam pendidikan hingga jenjang SMP. Setelah lulus SD, anak-anak setempat enggan melanjutkan pendidikan lagi.

“Salah satu alasannya karena belum ada SMP yang bisa dijangkau dengan mudah. SMP terdekat berada di distrik Rasiei yang jaraknya mencapai ratusan kilo,” ucap Natama.

Baca Juga:  SD YPPK Weriagar Teluk Bintuni Dipalang, Disdik Diminta Cari Solusi

Untuk itu, Natama meminta pemerintah kabupaten melalui Dinas Pendidikan membangun satu SMP di Kampung Yawore. “Selama ini belum ada satupun orang Yawore yang lulus SMP,” ujarnya.
Kampung Yawore sudah dapat dijangkau dengan menempuh perjalan darat, namun hanya kendaraan khusus yang bisa menjangkau kampung yang berada di perbatasan antara Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire ini.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin

The post Warga Kampung Yawore Hanya Tamatan SD appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan