Soedarmo: Tata Kelola Pemerintahan Harus Berjenjang

JAYAPURA- Pjs Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, mengatakan bahwa pemerintah kabupaten/kota harus mendukung fungsi Pemerintah Provinsi Papua sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah. Oleh sebab itu, dirinya akan memberikan instruksi kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota agar seluruh konsultasi, apapun bentuknya, harus dilakukan dengan pemerintah provinsi sebelum ke pemerintah pusat.

“Artinya, saya harap tata kelola pemerintahan harus berjenjang, bukannya melambung-melambung. Nanti saya minta Sekda Provinsi Papua untuk membuatkan edaran agar tidak ada kepala dinas di kabupaten/kota yang konsultasi dengan pemerintah pusat sebelum melalui pemerintah provinsi,” ungkap Pjs Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo kepada wartawan, beberapa waktu  lalu.

Kecuali, menurut Soedarmo, pemerintah kabupaten/kota memiliki kepentingan yang memang berbeda, sehingga tidak menjadi persoalan jika dari pemerintah kabupaten/kota langsung ke pemerintah pusat.

“Namun sebaliknya, kalau kepentingannya untuk mendapatkan penjelasan terkait pemerintahan di daerah, maka sebetulnya pemerintah provinsi mampu memberikan penjelasan sebagaimana yang diharapkan oleh pemerintah kabupaten/kota,” tandasnya. (gra/ary)

Tinggalkan Balasan