Komunitas Daerah Aliran Sungai Dideklarasikan di Maybrat

MAYBRAT, SUARAPAPUA.com — Komunitas Daerah Aliran Sungai (DAS) Auk Mare Kabupaten Maybrat dideklarasi pada tanggal 29 Maret 2018 jelang hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2018.

“Ya kami mendeklarasi Komunitas DAS pada tanggal 29 Maret 2018. Memang hari air sedunia pada tanggal 22 Maret 2018, tetapi kami buat kegiatan deklarasinya pada tanggal 29 Maret 2018,” kata Samuel Bless, Direktur Yayasan Oyo Papua kepada suarapapua.com pekan kemarin.

Menurutnya, kegiatan berjalan baik dan meria, termasuk didalamnya dihadiri Ketua Forum Pencinta Sungai Papua Barat, Ones Kambu, Ketua Forum Pencinta Sungai Kabupaten Maybrat, Isak Slohteya, Asisten I Setda Kabupaten Sorong Selatan, Yosep Bless.

Tidak hanya pejabat, tetapi katanya masyarakat setempat terlibat penuh dengan mengelar acara adat yang berhubungan dengan kepemilikan atas sungai, gowa, tebing, kolam-kolam yang ada disepanjang aliran sungai Auk yang merupakan salah satu urat nadi dan harapan hidup masyarakat Suswa, Sun, Seya dan sekitarnya.

“Masyarakat Mare terlibat penuh dan mengkritisi pihak luar maupun dalam yang mengatasnamakan diri penguasa atas air, sungai, kolam, gunung dan tebing yang ada di wilayah Mare Kabupaten Maybrat. Mustinya, yang bisa mengklaim adalah orang yang mengikuti garis keturunan laki-laki dan apabila tidak ada keluarga lain maka diambil dari anak sulung perempuan pertama untuk dijadikan hak waris,” tutur Samuel.

Ia mengatakan, aliran sungai Auk yang mengalir dari Ayawasi melewati Mosun, Seya dan Suswa hingga ke Klabra di Kabupaten Sorong yang musti dilestarikan guna harapan dan masa depan manusia yang ada disekitarnya agar kedepan menjadi obyek wisata.

Kedepan ia berharap kerja sama Yayasan Oyo Papua bersama forum pencinta sungai Papua Barat dan Kabupaten Maybrat untuk membentuk komunitas DAS Auk. Tetapi juga tidak hanya dibentuk sebatas nama tetapi lebih dari itu untuk menjaga, melindungi dan melestarikan alam disekitarnya, agar alam tetap hijau sebagai penyangga debitan air bagi sungai kecil maupun besar.

Pewarta: Engel Semunya
Editor: Elisa Sekenyap

Tinggalkan Balasan