Bupati Paniai Akan Menutup Kredit ASN

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Paniai Yohanes Youw, mengatakan akan lebih menfokuskan kerjanya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat ke arah yang lebih baik.

“Sejak saya jadi Plt, semua masyarakat dari kalangan bawa sampai atas yang datang bertemu saya selalu mengeluh dengan hidup mereka. Mereka bilang mau memenuhi kebutuhan makan saja susah sekali, apalagi kebutuhan lainnya,” Bupati kepada suarapapua.com di ruang kerjanya, Kamis (5/4/2018).

Untuk itu dirinya akan memprioritaskan tiga program yang akan dilakukan, pertama meminjamkan modal usaha kepada masyarakat yang ingin berwirausaha, menutup kredit para pegawai ASN dan merekrut pengangguran yang sudah bersekolah menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Menurutnya, tiga program itu jika berjalan baik akan sedikit membantu menjawab kebutuhan hidup mereka. Untuk itu ia berharap masyarakat memanfaatkannya dengan baik.

“Masyarakat yang mau usaha kami akan beri modal usaha,¬†yang penting pakai baik sesuai kebutuhan biar usahanya berjalan lancar. Untuk pegawai ASN kalau kreditnya sudah terlunasi, jangan lagi kredit. Harus tabung untuk masa depan anak dan masa tua,” kata dia.

Ia berharap kepada masyarakat Paniai, terutama bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan untuk mendukungnya dengan doa.

“Secara lisan saya sudah sampaikan persoalan ini ke Presiden dan pihak-pihak terkait. Puji Tuhan mereka menanggapi dengan baik. Mereka suruh saya bawa ijazah terakhir para penganggur. Jadi kalau sudah terkumpul semua dalam waktu dekat akan saya bawa ke Jakarta. Untuk itu saya harap doa dari masyarakat,” kata dia.

Gabriel Adii, koordinator pengumpulan ijazah para penganggur, mengatakan ijazah terakhir yang terkumpul dalam sebulan sebanyak 3.036.

“Belum ditambah dengan hari ini. Jumlahnya terus bertambah,” kata dia, kepada suarapapua.com usai bertatap muka bersama para pengangguran dengan Bupati Youw di depan Kantor Bupati Madi, Kamis (5/4/2018).

Adi mengatakan, ijazah yang dikumpulkan mulai dari ijazah tamatan SMA hingga perguruan tinggi.

Mesak Muyapa, seorang penganggur menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati atas program tersebut.

“Luar biasa, ini terobosan baru. Kami salut bapak Bupati. Kami akan doakan, itu pasti,” ungkap Muyapa.

Pewarta: Stevanus Yogi
Editor : Elisa Sekenyap

Tinggalkan Balasan