Pembalakan Liar Dituding Sebabkan Hutan dan Sumber Mata Air Manokwari Rusak

Sumber Mata Air Manokwari Rusak
Sumber Mata Air Manokwari Rusak
Sumber Mata Air Manokwari Rusak – Intelektual tokoh Arfak di Kabupaten Manokwari, Daud Indou saat menggelar jumpa pers Senin (9/4/2018), menyikapi tindakan pengerusakan dan anarkis yang dilakukan sejumlah oknum mahasiswa di kantor Gubernur Papua Barat, Jumat lalu. (Foto: Hanas Warpur/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com РSumber Mata Air Manokwari Rusak.   Pembalakan liar dituding penyebab hutan dan sumber air di Kabupaten Manokwari mulai rusak.

Salah satunya, bisnis pengembang rumah di daerah Manokwari yang semakin melebar. Sehingga bisnis perumahan ini salah satu penyebab hutan di daerah ini mulai tergerus.

Penataan pembangunan kota Manokwari yang tak lagi tertata menyebabkan hutan dan sumber mata air mulai hilang, bahkan menyebabkan masyarakat kehilangan air bersih.

Pernyataan itu disampaikan tokoh Arfak di Manokwari, Daud Indou menyikapi kondisi hutan yang sudah ditebang tak beraturan. Di sisi lain adanya ijin membangun yang dikeluarkan pemerintah daerah tanpa mengecek ke lokasi sehingga terjadi kerusakan hutan semakin parah.

“Hutan dan sumber mata air di Manokwari sudah rusak, terutama di hutan Wosi Rendani hingga hutan di SP 1 Manokwari dan sekitarnya,” kata Daud kepada awak media, Senin (9/4/2018) setelah turun ke beberapa lokasi hutan di Manokwari, Sabtu pekan kemarin.

Baca Juga:  2018, LHP Kaji Kembali Hutan Konservasi Yang Disalahgunakan

Daud menjelaskan, Bappeda Manokwari harusnya memiliki peta pembangunan yang maksimal, sehingga melindungi hutan yang dan sumber mata air yang ada sekarang ini. Namun terlihat hampir hutan di Manokwari sudah dibongkar untuk kepentingan pembangunan.

“Kedepan pasti Manokwari akan mendapat bencana besar karena sudah tidak ada hutan yang menjadi penyanggah, bahkan hutan lindung juga sebagian sudah ditebang” kata Daud.

Kata dia, Manokwari saat ini mulai gersan karena hutan mulai terkisi habis dan suhu sudah tak lagi seimbang. Untuk itu, Daud menyarankan kepada pemda Manokwari untuk melindungi hutan yang tersisa di Manokwari sehingga bermanfaat untuk kedepannya.

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung

The post Pembalakan Liar Dituding Sebabkan Hutan dan Sumber Mata Air Manokwari Rusak appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan