UNBK Terhambat Akibat Jaringan Internet Gangguan

JAYAPURA (PT) – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tingkat SMA di Kota Jayapura pada dasarnya memang berjalan aman dan kondusif. Namun akibat terjadi gangguan jaringan internet beberapa hari belakangan ini membuat sedikit terhambat.

Misalnya saja di SMA Negeri 4 Jayapura. Dimana jumlah peserta yang mengikuti UNBK sebanyak 607 peserta berjalan aman dan lancar.

Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Jayapura, Laba Sembiring mengatakan, menjelang pelaksanaan UNBK SMA terjadi gangguan jaringan internet akibat putusnya kabel fiber optik laut milik PT Telkom.

“Akibatnya yang terjadi gangguan jaringan koneksi yang mulai Jumat 6 April 2018 hingga pelaksanaan UNBK,” jelasnya.

Diakuinya, tahun ini 2018, pelaksanaan UNBK membuat miris, karena berkaitan dengan ganguan jaringan koneksi internet yang merupakan faktor penentu sekali untuk mensukseskan penyelengaraan UNBK ini.

Ditambahkanya, pihaknya telah membangun komunikasi dengan pihak PT. Telkom untuk di SMA 4 mengupakan IndiHome dan AskyNet.

“Saat ini yang kami gunakan AskyNet dan AKmi di fasilitasi dengan mengunakan satelite sehinga untuk SMAN 4 sudah dapat teratasi,” imbuhnya.

Sementara itu, pelaksanaan UNKB di sekolah lain misalnya di SMA Muhammadiyah Jayapura juga mengalami keterlambatan.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Jayapura, Udin Ramazakir mengungkapkan, pelaksanaan UNBK yang sesuai dijadwalkan pada pukul 07.30 WIT namun terlambat hingga pukul 09.00 WIT dengan jumlah peseta 92 orang.

“Pelaksanaan hari pertama berjalan baik meskipun ada kendala jaringan pada sesi pertama sehingga administrasi dimulai jam 09.00. Untuk itu, kami didampingi oleh pihak PT. Telkom terutama IndiHome hingga di sesi ketiga,” pungkasnya. (ai/dm)

Tinggalkan Balasan