Berantas Penyakit Katarak, Pemkab Lanny Jaya Gelar Operasi Massal

Salah satu pasien yang sedang menjalani operasi katarak yang digelar PMI di Lanny Jaya, Selasa (10/4).

TIOM-Tingginya angka penderita penyakit katarak di wilayah Kabupaten Lanny Jaya, selama ini memang menjadi pergumulan dari Pemkab Lanny Jaya untuk bisa menanganinya. Oleh karena itu, Pemkab Lanny Jaya bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait, menggelar operasi massal bagi masyarakat penderita katarak yang digelar selama 4 hari. Harapannya, bisa mewujudkan masyarakat Lanny Jaya yang bebas Katarak.

   Sekda Kabupaten Lanny Jaya Christian Sohilait mengakui bahwa kegiatan operasi katarak ini merupakan yang kedua kalinya di Kabupaten Lanny Jaya. Dimana, kegiatan operasi katarak ini pertama kali dilakukan saat pemerintah membentuk Palang Merah Indonesia (PMI) di Lanny Jaya. Saat itu, PMI memiliki banyak sekali kegiatan. Namun setelah mendengar tingginya angka katarak di Lanny Jaya, maka mereka menawarkan diri untuk melakukan operasi katarak.

  “Langkah yang kita lakukan pertama kali yakni melakukan pendataan dan memang sangat banyak karena mencapai 800 orang pengidap katarak, namun kami harus memastikan apakah itu katarak atau bukan katarak,”ungkapnya Selasa (10/4) kemarin.

  Sedangkan untuk operasi yang kedua ini, kata Christian Sohilait, karena banyak  orang yang terindentifikasi katarak, sehingga membuat pemerintah daerah mengambil tindakan untuk melakukan operasi secara massal dengan mendatangkan dokter dari Rumah Sakit Dian Harapan Jayapura dan RSUD Wamena.

selengkapnya baca di Harian Cenderawasih Pos edisi 11/4  (jo/tri)

Tinggalkan Balasan