Bupati Dosinapa Didesak Segera Ganti Sekda Mamberamo Raya

Gerakan Solidaritas Mahasiswa Peduli Kabupaten Mamberamo Raya saat memberikan pernyataan pers terkait situasi di Mamberamo Raya, Selasa (10/4/2018) kemarin. (Foto : Faizal/ Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Selain alasan tidak optimalnya pelayanan publik di Kabupaten Mamberamo Raya sejak tahun 2017 lalu hingga kini karena kesibukan Sekda dan berbagai alasan lainnya, Drs. Alfons Sesa, MM yang hingga kini masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Mamberamo Raya juga sebenarnya sudah mendapatkan SK dari Setda Provinsi Papua untuk menjadi Widyaswara Utama pada Badan Pengembagan SDM Provinsi Papua.

Dengan dua alasan tersebutlah sehingga sejumlah komponen masyarakat dan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Mahasiswa Peduli Kabupaten Mamberamo Raya mendesak agar Bupati Kabupaten Mamberamo Raya segera mengganti Drs. Alfons Sesa, MM dari jabatan Sekda dengan pejabat baru yang lebih kompeten dan bisa lebih mengerti dan memahami kondisi masyarakat Mamberamo Raya agar pelayanan publik bisa lebih optimal lagi.

“hingga kini terjadi kevakuman pelayanan di Mamberamo Raya, pelayanan public tidak optimal, dan pembangunan berjalan lambat, jadi kami dari masyarakat mendesak agar Bupati Dorinus Dasinapa segera menindaklanjuti SK dari Setda Provinsi terkait posisi Drs. Alfons Sesa, MM, semsetinya dari tahun 2017 lalu, tapi entah mengapa sampai hari ini Bupati terkesan malas tahu dan masih mempertahankan Sekda yang sekarang ini, padahal tidak maksimal melayani”, kata Jeckson Dasnarebo, Ketua Gerakan Solidaritas Mahasiswa Peduli Kabupaten Mamberamo Raya dalam jumpa pers kepada wartawan di Jayapura, Selasa (10/4/2018).

Menurutnya terkait posisi Drs. Alfons Sesa, MM sebenarnya sudah ada Surat Keputusan Sekretariat Daerah Provinsi Papua sejak 8 November 2017 lalu dengan Nomor : 800/13108/SET/2017 tentang Status Kepegawain Drs. Alfons Sesa, MM, dimana sesuai dengan Kepres Nomor 47 Tahun 2017 yang bersangkutan sudah di angkat dalam jabatan fungsional Ahli Utama sebagai Widyaiswara pada Badan Pengembangan SDM Provinsi Papua.

“surat itu sudah di terima Bupati setahu kami, dan Bupati sudah diperintahkan untuk mengusulkan Sekda baru menggantikan yang bersangkutan, tapi entah mengapa hingga saat ini Bupati belum menindaklanjuti surat dari Setda Provinsi Papua tersebut”, kata Jeckson Dasnarebo lagi.

Menurutnya sebagaimana tertuang dalam SK Setda Provinsi Papua dimaksud disebutkan bahwa sesuai ketentuan Pasal 87 PP Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen PNS, bahwasanya setiap PNS yang diangkat menjadi pejabat fungsional wajib dilantik dan di ambil sumpah janjinya, sehingga dalam surat dimaksud Bupati diminta segera memberhentikan yang bersangkutan sebagai Sekda Mamberamo Raya agar segera bisa melaksanakan tugasnya sebagai Widyaiswara Utama di Badan Pengembangan SDM Provinsi Papua.

“kami mahasiswa dan masyarakat Mamberamo Raya mendesak agar Bupati segera ganti Sekda, kami juga meminta agar Bupati tegas kepada setiap perangkat OPD terkait dengan tugas dan fungsinya masing-masing dan jika ada hal penyimpangan keuangan yang dilakukan oleh oknum OPD, Bupati berhak perintahkan BPK untuk megaudit dan tak menunggu pertanggung jawaban dari OPD terkait, sehingga tak ada keterlambatan dalam proses pelayanan pemerintahan, seperti kasus 2017 yang tak ada penyerapan APBD”, kata Jeckson.

Mengenai calon Sekda yang diusulkan oleh Bupati, pihaknya mengharapkan yang ditunjuk adalah benar-benar mengenal karakteristik masyarakat Mamberamo Raya.

“Kami sudah sering sampaikan hal ini ke Bupati, masyarakat juga melakukan demo tapi belum ada jawaban dari Bupati”, tandasnya.

Maks Woisiri,S.IP selaku mahasiswa Mamberamo Raya menambahkan, melihat kondisi pemerintahan saat ini sejak 2017 di Kabupaten Mamberamo Raya sudah tak optimal untuk itu perlu diangkat Plt. Sekda apa lagi sudah ada Kepres tersebut.

“Seharusnya Bupati menindak lanjuti keputusan tersebut, tapi sampai saat ini faktanya beliau masih menjabat sebagai Sekda, untuk itu kami minta ditindak lanjuti segera”, tandas Maks lagi.

Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa yang coba di konfirmasi Lingkar Papua berulang kali melalui saluran telepon hingga berita ini di naikkan belum bisa di konfirmasi, karena teleponnya berada di luar jangkauan. (***)

Reporter         : Faizal Narwawan
Editor             : Walhamri Wahid

The post Bupati Dosinapa Didesak Segera Ganti Sekda Mamberamo Raya appeared first on .

Tinggalkan Balasan