Di Depan Expo Waena, Presiden Jokowi Bagi – Bagi 1.000 Kantong Sembako

Jejeran masyarakat Papua yang antri sejak pagi hari, Kamis (12/4/2018) menanti pembagian kantong sembako dari Presiden Joko Widodo yang pembagiannya di koordinir oleh Lurah Waena. (Foto : Faizal / Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Sebanyak 1.000 kantong berisi sembako dibagi – bagikan Presiden Joko Widodo, Kamis (12/4/2018) dalam lawatan dua harinya di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Adapun isi kantong berbentuk tas warna merah putih bertuliskan ‘Bantuan Presiden Republik Indonesia tersebut terdiri dari beras 5 Kg, minyak goreng 1 liter, gula 1Kg dan satu bungkus teh Bendera, namun dalam proses pembagian tersebut tidak di serahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo, namun hanya melintas di ruas jalan depan Expo Waena dan menyapa masyarakat yang bergerombol mengantri menanti pembagian sembako dimaksud.

Sedangkan proses pembagian sepenuhnya diserahkan kepada Lurah Waena, Kundrat Tukayo. Kepala Kelurahan Waena Kundrat Tukayo saat diwawancarai wartawan mengatakan pembagian sembako memang dalam rangka kunjungan Presiden Jokowi.

“Dari Paspampres mereka tadi sampaikan selama ini kan Bapak Presiden datang ke Papua (Waena -red)  tapi belum beri bingkisan kepada mama-mama di sini, jadi ini kesempatan beliau untuk berbagi,” ujar Kundrat Tukayo, Kamis (12/4/2018).

Kata dia memang ada 1.000 sembako yang dibagikan dan dikhusukan bagi mama-mama Papua, karena selama ini mama-mama Papua yang paling bersuka cita saat Presiden Jokowi datang.

“Dibagikan juga kepada para supir taxi, pedagang di sekitaran Expo dan tukang ojek masing-masing pangkalan yang ada,” ujarnya.

Ia mengakui panitia pembagian di bawah komandonya sempat kewalahan karena peserta membludak, bahkan sejak malam kemarin terdaftar penerima hingga 1.800 orang.

“Padahal yang disediakan hanya 1.000 sembako. Tapi gesekan yang ada ini biasa, apa lagi masyarakat ada yang datang tanpa kupon,  ya kita harus utamakan yang berkupon, bahkan yang berkupon juga ada yang tidak dapat,” katanya lagi.

Ia menginginkan ke depan pembagian seperti ini dikoordinasikan dengan mantap dan dapat menyerahkan ke RT/RW dengan maksud agar pembagian lebih terarah.

Sementara Dosila Dematau salah satu warga yang mendapatkan sembako tersebut memberikan apresisasi terhadap Presiden Jokowi dengan adanya bantuan sembako tersebut.

“Terimakasih untuk bapak Jokowi sudah membagikan sembako yang ada, ke depan mungkin bisalah ditambah kalau sekarang tadi disampaikan ada 1.000, ke depan mungkin 3.000 ka, biar semua golongan dapat,” harapnya.

Dari pantauan Lingkar Papua di lapangan, sejak pagi hari masyarakat sudah bergerombol di depan Terminal Expo dan Museum Expo sejak pukul 7.00 WIT.

Pembagian  sembako juga berjalan lancar, hanya saja banyak warga yang bermain curang dengan mengantri kembali, padahal telah lebih dulu mendapatkan sembako.

Adapun sembako yang dibagikan terdiri dari beras 5 Kg, minyak goreng 1 Liter, gula 1Kg dan satu bungkus teh bendera yang dimasukan dalam tas merah putih bertuliskan “Bantuan Presiden Republik Indonesia”.

Presiden Jokowi sendiri tak sempat turun menyalami warga di lokasi pembagian sembako, hanya melambaikan tangan dan seterusnya menuju ke Bandar Udara Sentani untuk melakukan kunjungan ke Mimika.

Sebelumnya  Presiden Jokowi juga mengunjungi Jembatan Hamadi Holtekamp. (***)

Reporter         : Faizal Narwawan
Editor             : Walhamri Wahid

The post Di Depan Expo Waena, Presiden Jokowi Bagi – Bagi 1.000 Kantong Sembako appeared first on .

Tinggalkan Balasan