Presiden Jokowi Ancam Copot Kepala BPN Kalau Tidak Capai Target 80 Ribu Sertifikat Terbagi di Papua Tahun Ini

Warga masyarakat di Jayapura yang terlihat sumringah usai menerima pembagian sertifikat dari Presiden Jokowi, Rabu (11/4/2018) kemarin, dimana Presiden target 80.000 sertifikat di bagi dalam tahun 2018 ini. (Foto : Faizal / Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, SENTANI— Sebagai komitmen Presiden Republik Indonesia Ir. H Joko Widodo untuk membagikan sedikitnya 80.000 sertifikat kepada masyarakat di Provinsi Papua di tahun 2018 ini, maka dalam kunjungannya kemarin, Rabu (11/4/2018) bertempat di Lapangan Upacara Gunung Merah Kabupaten Jayapura, Sentani dilakukan pembagian 3.331 sertifikat tanah kepada 2.058 perwakilan warga Papua dari 10 kabupaten / kota se Provinsi Papua.

“Moga-moga target 80 ribu sertifikat itu selesai, kalau tidak selesai nanti saya beri sanksi, bila mungkin Kepala Kantor BPN-nya nanti dicopot (kalau target tak tercapai-Red), untuk itu target harus diselesaikan, kalau mau kerja dengan kita memang harus seperti itu”, kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya usai menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis, Rabu sore, (11/4/2018).

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan ia telah memerintahkan Menteri terkait agar pemberian sertifikat dipercepat di seluruh Indonesia termasuk Papua.

Presiden juga memberikan beberapa pesan kepada masyarakat yang sudah mendapatkan sertifikat agar digunakan dan disimpan dengan baik.

“Sengketa lahan banyak terjadi di Indonesia, baik masyarakat dengan pemerintah maupun masyarakat sesama masyarakat ataupun juga perusahaan dan lainnnya, jadi sertifikat ini memang penting,” jelas Presiden Jokowi

Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN RI) Sofyan A Djalil dalam kesempatan itu mengatakan, sertifikat paling banyak dibagikan adalah dari Kabupaten Keerom yakni 767 penerima sertifikat, Kabupaten Jayapura 368 sertifikat, Kota Jayapura 463 penerima sertifikat.

Selain itu  wilayah lainnya seperti Sarmi ada 50 orang penerima sisanya dari Biak, Merauke  Jayawijaya kepulauan Yapen, Nabire  dan Mimika masing-masing mengirimkan satu delegasi untuk menerima sertifikat hari ini.

Ia juga menyampaikan di tahun lalu ada 70 ribu sertifikat yang telah dibagikan untuk masyarakat Provinsi Papua dan Tahun 2018 ini targetnya ada 80 Ribu sertifikat yang akan dibagikan,” ujar Mentri Agraria dalam laporannya sesaat sebelum Presiden Joko Widodo membagikan sertifikat kepada 12 perwakilan masyarakat yang hadir.

“Jika hal ini dapat kita selesaikan maka Insya Allah sertifikat dan tanah dapat dimanfaatkan dengan baik,” jelasnya.

Sementara Penjabat Gubernur Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo dalam kesempatan yang sama memberikan sambutan selamat datang kepada Presiden Joko Widodo dan rombongan, menurutnya sebagai Penjabat Gubernur dirinya mewakili masyarakat Papua  memberikan rasa hormat terhadap Presiden yang sudah 9 kali berkunjung di Papua sebagai bukti perhatian khusus ke Tanah Papua.

Diakhir sambutan, Presiden Jokowi juga ingatkan masyarakat agar tetap mencintai negara Republik Indonesia dengan segala macam perbedaannya.

Tak lupa pula Presiden Jokowi membagikan 3 buah sepeda bagi masyarakat yang dapat menjawab pertanyaan  mengenai nasionalisme dan budaya seperti  Pancasila dan nama pulau-pulau yang ada di Indonesia. (***)

Reporter         : Faizal Narwawan
Editor             : Walhamri Wahid

The post Presiden Jokowi Ancam Copot Kepala BPN Kalau Tidak Capai Target 80 Ribu Sertifikat Terbagi di Papua Tahun Ini appeared first on .

Tinggalkan Balasan