Papua Dukung Bali-NTB Tuan Rumah PON XXI 2024

JAYAPURA (PT) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua menyatakan dukungan kepada KONI Bali dan KONI Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Pernyataan dukungan ini disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) KONI Papua, Kenius Kogoya, SP, M.Si disela-sela pertemuan antara KONI Papua dan KONI Bali dan NTB di Kantor KONI Papua, Kompleks Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih, APO Jayapura, Jumat (13/4/2018).

“Wajar Papua mendukung Bali dan NTB jadi tuan rumah PON XXI tahun 2024 untuk pemerataan pembangunan negara yang kita cintai ini. ”ungkap Kenius Kogoya.

Lebih lanjut Kenius mengatakan bahwa penentapan dukungan ini akan disampaikan kepada Ketua Umum KONI Papua dan akan dibahas dalam rapat paripurna pengurus KONI Papua kemudian disampaikan pada Rapat Anggota KONI tanggal 23-24 April 2018 mendatang.

“Dukungan ini dilaporkan ke Ketua Umum KONI Papua dan akan diparipurnakan dengan pengurus KONI Papua kemudian bentuk dukungannya diwujudkan pada Rapat Anggota KONI 24 April mendatang,”tambah Wakil Sekretaris KONI Papua, Drs. Daud Ngabalin, M.Si.

Ditambahkan Kenius bahwa peluang tuan rumah PON XXI tahun 2024 antara Bali-NTB dan Aceh-Sumut sama-sama terbuka. Oleh karenanya, komunikasi dan kerjasama antara calon tuan rumah dengan KONI Se-Indonesia patut dibangun.

Ditempat yang sama, Ketua Umum KONI Bali, Ir. Ketut Suandi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada KONI Papua yang telah memberikan dukungan kepada Provinsi Bali dan NTB untuk menjadi tuan rumah PON XXI tahun 2024.

Menurut Suandi, dalam sejarahnya, pelaksanaan PON di Indonesia telah digelar di pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Papua pada tahun 2020 mendatang.

Untuk itu, sangatlah wajar apabila Bali-NTB juga diberikan kesempatan yang sama untuk menggelar iven bergengsi skala nasional.

“Sudah 70 tahun Bali dan NTB menantikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah PON, sehingga dukungan Papua kepada kami sangat kami apresiasi,”ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum KONI NTB, Andi Hariyanto. Dia menyampaikan terima kasih kepada KONI Papua yang telah menyatakan dukungan kepada Bali-NTB sebagai tuan rumah PON XXI.

“Tujuan kedatangan kami adalah meminta dukungan Papua kepada Bali-NTB sebagai tuan rumah PON. Dan Kami apresiasi dukungan dari Papua,”ujarnya.

Ditempat yang sama Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Bali, I Nyoman Yamadhiputra menjelaskan bahwa kesiapan Provinsi Bali dan NTB sebagai tuan rumah didukung dengan venue olahraga yang memadai. Saat ini, venue yang ada di Bali dan NTB siap mempertandingkan 54 cabang olahraga.

“Hanya venue untuk balap sepeda dan berkuda yang akan dibangun di NTB. Dan sudah disiapkan anggaran Rp 1,3 trilliun untuk membangunnya termasuk membangun stadion berskala internasional,”jelasnya.
Ditambahan Sekretaris Umum KONI Bali bahwa Provinsi Bali memiliki pengalaman menggelar iven-iven olahraga berskala internasional seperti Selancar, Rugby dan cabang olahraga lainnya. Oleh karenannya, kesiapan Bali-NTB untuk menggelar PON telah mencapai 85 persen. (ans/dm)

Tinggalkan Balasan