Jaga Kesehatan Anak, RS Bhayangkara dan Bid Dokkes Polda Gelar Khitanan Massal

JAYAPURA (PT) – Dalam rangka menjaga kesehatan anak-anak supaya bisa terhindar dari segala penyakit, RS. Bhayangkara Jayapura bersama Bid Dokkes Polda Papua menggelar Bhakti Kesehatan berupa Khitanan Massal di Pondok Pesantren Ya Bunayya, Kampung Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura, Jumat (13/42018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, Kepala RS Bhayangkara Polda Papua, AKBP. dr. Heri Budiono, S.pU, Pimpinan Pondok Pesantren Ya Bunayya, KH. Sholeh.

Kepala RS Bhayangkara Polda Papua menyampaikan bahwa kegiatan khitanan/sunatan massal ini adalah untuk menjaga kesehatan anak-anak dari hal-hal yang tidak inginkan. Selain itu, kegiatan khitanan ini dilaksanakan dalam rangka mendekatkan Polri dengan masyarakat dan juga merupakan dari rangkaian Bulan Bakti Kesehatan Polri.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menciptakan hubungan yang semakin baik antara masyarakat dengan Polri sehingga terwujud situasi kamtibmas yang aman dan damai menjelang pilkada Papua. Kedepannya kita akan melaksanakan banyak kegiatan di antaranya donor darah, pengobatan gratis dan masih banyak lagi kegiatan yang akan kami lakukan untk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dalam hal memenuhi kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Ya Bunayya, KH. Muhammad Sholeh mengucapkan terima kasih kepada Polda Papua dalam hal ini RS Bhayangkara dan Bid Dokkes Polda Papua yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan baik.

Diakuinya, sebagai umat muslim, pihaknya diwajibkan untuk melakukan khitan bagi kaum laki-laki, karena bila belum melaksanakan khitan maka ketika sudah dewasa, semua amal kebaikan tidak di terima di sisi Allah.

“Diharapkan kegiatan seperti ini dapat lebih ditingkatkan dan sering dilaksanakan,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua AKBP dr. Heri Budiono, S.pU memberikan bingkisan kepada anak-anak yang mengikuti khitanan.

Untuk anak-anak yang melaksanakan Khitan/Sunat pada hari ini, tim medis dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua akan melakukan kontrol kembali pada hari Senin (16/4/2018) di Pondok Pesantren Ya Bunayya Waena.

Salah satu perwakilan orang tua anak yang mengikuti khitanan massal, Totoh menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polda Papua yang telah menyelenggarakan kegiatan khitanan massal ini.

“Kegiatan ini sangatlah membantu anak-anak kami terutama untuk menjaga kesehatan reproduksi mereka. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkala di tempat yang berbeda. Saya sebagai salah satu orang tua sangat mendukung program-program yang diadakan oleh Polda Papua,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah MI (Madrasah Ibtidaiyah), Ny. Ana menyampaikan bahwa anak-anak cukup antusias dalam mengikuti kegiatan ini, mereka rata-rata ingin sekali ikut. (jul/dm)

Tinggalkan Balasan