Diskominfo Mimika Segera Buka Posko Aduan Berita Hoax

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Mimika, Dion Mameyau.
SAPA (TIMIKA) -  Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Mimika, Dion Mameyau mengatakan, pihaknya akan segera membuka posko pengaduan berita hoax melalui nomor telepon yang disediakan maupun mendatangi kantor Diskominfo di Jalan SP III, Timika.

“Kita akan buka satu nomor pengaduan kepada masyarakat untuk memberikan informasi kalau ada berita hoax yang sangat merugikan semua pihak.  Kami sudah membahas itu, dan sesegara mungkin akan terealisasi sehingga kita bisa control berita-berita hoax,” ujarnya saat ditemui wartawan Salam Papua di Kantor Dinas Perhubungan, jalan C.Heatubun, Senin (16/4).

Selain itu, untuk mencegah maraknya pemberitaan hoax melalui berbagai media, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama sejumlah wartawan Kabupaten Mimika. Namun sampai saat ini, pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran tersebut.

“Kita melakukan proses pembinaan bersama para wartawan Online, cetak, dan penyiar radio untuk tetap pada kode etik jurnalistik. Sehingga mereka juga tahu, bahwa adanya Kominfo ini juga mengawasi segala pemberitaan yang ada,” kata Dion.

Kepada para media, pihaknya meminta agar setiap pemberitaan yang ada harus mendapat konfirmasi pada narasumber yang terkait, sehingga tidak akan menimbulkan kesalahpahaman antara pembaca dan narasumber tersebut.

“Untuk mengantisipasi beredarnya berita hoax melalui media online, agar para wartawan harus membuat berita dengan ada sumbernya dan itu fakta. Masyarakat atau pihak terkait bisa laporkan bila merasa dirugikan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan upaya yang maksimal kepada masyarakat untuk menyampaikan berbagai informasi mengenai Smart City melalui mobil informasi Diskominfo.

“Meski saat ini mobil belum dirakit secara baik, tapi kami upayakan untuk bisa menyampaikan kepada para khalayak ramai khususnya terkait Smart City, sehingga masyarakat melihat apa yang menjadi tanggungjawab pemerintah melalui berbagai media,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Mama Ilmi, salah satu warga Yos Sudarso sangat antusias. Pasalnya, kata ia, saat ini sering kali beredar berbagai informasi  hoax melalui media social yang membuat dirinya dan keluarga merasa ketakutan.

“Di whatsapp itu banyak mbak. Sekarang kan sering kacau di Kwamki, jadi pernah ada himbauan, katanya kita disuruh waspada untuk tidak keluar rumah di atas jam 5 sore,” katanya pada Salam Papua di Jalan Yos Sudarso sekitaran kantor KPU Mimika. (Salma)

Tinggalkan Balasan