Ojek dan Mobil Rental Ganggu Rute Transportasi Darat

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, Yan Slamat Purba.
SAPA (TIMIKA) – Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, Yan Slamat Purba mengatakan, adanya ojek dan mobil rental yang mulai meningkat membuat rute tansportasi darat jadi terganggu. Pasalnya, beberapa rute trayek seperti taksi tidak berfungsi secara maksimal.

“Saat ini, volume ojek dan mobil rental semakin meningkat. Akses rutenya mereka sangat luas, sehingga membuat beberapa trayek menjadi terganggu,” ujarnya dalam rapat upaya tindak lanjut smart city, di Kantor Dishub, Jalan C.Heatubun, Senin (16/4)

Ia mengatakan, fungsi trayek umum tidak bisa berjalan maksimal lantaran tingkat pengguna jalan lebih memilih memilih menggunakan ojek. Selain itu, meningkatnya penggunaan mobil rental juga kerap kali digunakan tidak sebagaimana mestinya.

“Ibu-ibu maupun pengguna jalan lainnya lebih memilih naik ojek karena melayani warga sampai ke depan rumah atau tempat tujuan lainnya. Kalau mobil rental juga kadang digunakan bukan untuk hal positif,“ ujarnya.

Lanjut, lelaki yang akrab disapa Purba itu mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Mimika untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan tersebut. kendati demikian, pihak Satlantas mengaku belum memiliki landasan hukum terkait hal itu.

“Pihak satlantas mengatakan kalau mereka belum punya landasan hukum, jadi kami berharap agar secepatnya semua bisa terselesaikan,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya akan segera melakukan observasi di Biak maupun Bali. Pasalnya, di daerah (Perda) tersebut memiliki peraturan daerha untuk menangani masalahojek dan mobil rental ini.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan coba ke Biak dan Bali. Karena disana katanya sudah dibuatkan Perda , dan kami ingin mengetahuinya secara pasti Perdanya,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Ancu salah satu tukang ojek mengaku, dirinya harus memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga sehingga tidak memperhatikan trayek transportasi darat lainnya.

“Kita ini ojek, jadi Cuma putar-putar sampai dapat penumpang, kalau jauh yah tetap kami antar sampai tempat tujuannya. Karena kita harus mencukupi biaya hidup,” katanya saat ditemui Salam Papua di Jalan Yos Sudarso, depan kantor KPU Mimika. (Salma)

Tinggalkan Balasan