Papuan Voices Akan Gelar Festival Film Papua II di Kota Jayapura

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Papuan Voices atau suara orang-orang Papua akan gelar festival film Papua II tahun 2018 dengan tema “masyarakat adat Papua di tengah arus modernisasi.

Festival film Papua II ini akan dilangsungkan di kota Jayapura Provinsi Papua dari tanggal 7 hingga 9 Agustus 2018.

Sebelumnya pada tahun 2017 bulan Agustus, Papuan Voices menyelenggarakan festival film Papua I di kota Merauka.

Harun Rumbarar, Ketua Panitia Festival Fim Papua melalui release yang dikirim ke redaksi suarapapua.com menjelaskan bahwa pemilihan tema “Masyarakat Adat Papua di Tengah Arus Modernisasi” adalah sebagai bentuk respon terhadap situasi yang sedang terjadi di Tanah Papua.

Dimana tema ini menjelaskan mengenai posisi masyarakat adat di tengah arus pembangunan dan investasi yang meningkat masuk dari luar ke Tanah Papua.

“Oleh sebab itu dilakukan festival ini guna memperkenalkan kepada masyarakat Papua, terutama bagaimana membangun kesadaran akan isu-isu penting yang dihadapi oleh masyarakat adat Papua,” tulis Harun dalam release itu, Selasa (17/4/2018).

Selain itu katanya, mendorong dan memperkenalkan filmmaker atau pembuat film muda Papua dalam memproduksi yang terampil serta distribusi film dokumenter dan juga sebagai wadah untuk memperkuat jaringan filmmaker di Tanah Papua.

Bernard Koten, Sekretaris Panitia menjelaskan mengenai rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam festival fim Papua II di kota Jayapura.

Kata Bernard, pertama akan dilakukan penerimaan karya oleh panitia penyelenggara dari tanggal 1 Juni hingga 10 Juli 2018 dan 10 besar film terbaik akan diumumkan pada tanggal 19 Juli 2018. Pengumuman 3 film terbaik tanggal 7 Agustus 2018 dan pengumuman pemenang tanggal 9 Agustus 2018.

“Sementara workshop media akan dilakukan pada tanggal 8 Agustus 2018. Untuk bentuk kegiatannya sama dengan yang dilakukan di kota Merauke tahun 2017 dan festival ini terbuka untuk umum,” kata Bernard.

Pewarta : Elisa Sekenyap

The post Papuan Voices Akan Gelar Festival Film Papua II di Kota Jayapura appeared first on Suara Papua.

Tinggalkan Balasan