Perbaikan APBD 2018 Tidak Libatkan DPRD

Anggota DPRD Mimika, Viktor Kabey
SAPA (TIMIKA) - Perbaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 telah dilakukan. Dari hasil perbaikan itu, APBD kemudian dibawa ke pusat untuk di verifikasi dan selanjutnya didaftarkan, sehingga kran APBD Mimika dapat dikucurkan untuk digunakan membangun Kabupaten Mimika.

Anggota DPRD Mimika yang juga bagian dari tim badan anggaran (Banggar) DPRD Mimika, Viktor Kabey, mengatakan perbaikan sudah selesai dilakukan sesuai Undang-undang, yakni diberikan waktu selama tujuh hari. Namun dalam masa perbaikan itu, tim dari baggar DPRD tidak dilibatkan, sehingga tidak mengetahui hasil perbaikan APBD yang dilakukan oleh eksekutif.

"APBD telah di tetapkan, perbaikan telah dilakukan. Namun hasil perbaikan itu tim banggar DPRD tidak tahu seperti apa, dan hasil perbaikan tersebut sudah di bawa ke tingkat pusat untuk di verifikasi dan di daftarkan," kata Viktor Kabey kepada Salam Papua di Gedung DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, Senin (16/4).

Sebenarnya, kata Viktor, APBD 2018 sudah terkena sanksi atau penalti oleh provinsi karena dinilai bermasalah. Apabila terdapat temuan oleh KPK maupun BPK terkait penggunaan APBD 2018 maka DPRD akan lepas tangan, karena hal ini sudah dibicarakan terlebih dulu.

Menurut Viktor, Ketua tim evaluasi APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua pernah mengatakan, jika saja terjadi temuan oleh KPK maupun BPK, maka pihak mereka tidak ingin dijadikan sebagai saksi, karena hal ini juga telah diberitahukan sebelumnya.

Masa perbaikan selama tujuh hari diberikan karena pada saat evaluasi di Jayapura ada ditemukan sejumlah kesalahan, sehingga APBD harus diperbaiki. Apabila perbaikan tidak dilakukan maka, sesuai kesepakatan telah sudah menyalahi aturan, dan tentunya pihak eksekutif dianggap yang bertanggung jawab.

"Hal dalam kesepakatan dalam evaluasi bahwa, dalam perbaikan akan dilakukan selama tujuh hari. Apabila tidak dilakukan maka provinsi tidak bertanggung jawab. Kita akan lepas tangan soal masalah tersebut," tuturnya. (Tomy)

Tinggalkan Balasan