Perpustakaan Keliling Rutin Sambangi Sekolah

Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Rauda Buwmona.
SAPA (TIMIKA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Mimika dalam menarik minat baca di kalangan pelajar terus meningkatkan layanan perpustakaan keliling yang selalu rutin menyambangi sekolah-sekolah.

"Selain kami layani peminjaman buku di Kantor Perpustakaan bagi pemegang kartu anggota perpustakaan, kami juga rutin ke sekolah-sekolah dengan didukung dua fasilitas mobil keliling dan tiga pegawai,"ujar Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Rauda Buwmona, saat ditemui Salam Papua di ruang baca Kantor Perpustakaan, Senin (16/4).

Rauda mengatakan, program perpustakaan keliling ini sudah lama dilaksanakan dan setiap minggu selalu jalan. Hanya saja, pelajar hanya bisa membaca buku di sekolah dan tidak bisa dibawa pulang. Hal ini disebabkan karena pengalaman di mana banyak buku yang hilang dan tidak kembali jika diberikan pinjaman kepada pelajar.

"Biasanya satu sekolah dua atau tiga hari kami stay setelah itu baru ke sekolah lain lagi,"katanya.

Dia mengungkapkan, kunjungan ke SD dan SMP merupakan program rutin dilaksanakan, sedangkan untuk SMA dan SMK dikunjungi berdasarkan permintaan sekolah. Seperti halnya di SMAN 6, pihak sekolah yang meminta pihak perpustakaan yang ke sana untuk memberikan pinjaman buku-buku.

"Kami hanya berupa pinjaman buku saja ke sekolah tidak memberi. Biasanya, dalam satu bulan pihaknya memberikan pelayanan perpustakaan keliling di tempat fasilitas umum seperti puskesmas dengan disesuaikan kondisi dan keadaan," ungkapnya. (Ervi Ruban)

Tinggalkan Balasan