Polisi Berhasil Amankan Satu Pelaku Pencuri Konsentrat

Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Rudy Priosantoso
SAPA (TIMIKA) - Seorang pelaku pencuri konsentrat di Portsaite PT. Freeport Indonesia Distrik Mimika Timur Kabupaten Mimika berhasil ditangkap polisi pada Minggu (15/1) sekitar pukul 14.00 WIT. Pelaku yang berinisial EM (20) tersebut diamankan ketika berusaha lari dari kejaran petugas.

Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Rudy Priosantoso, kepada wartawan di Kantor Polres Mimika berlokasi di jalan Agimuga Mile 32, Senin (16/4) mengatakan, Tim CCTV PT Freeport Indonesia menerima informasi melalui radio HT bahwa terindikasi ditemukan sekelompok masyarakat Orang Asli Papua (OAP) berjumlah sekitar 20 orang yang berupaya memasuki wilayah DWP (Dewatering Plant) secara paksa dengan cara menggunting pagar dan sebagian lainnya melompat pagar.

Selanjutnya, personil Satgas Brimob dari Polda DIY berupaya melakukan penyekatan dengan berjalan kaki dan mendatangi TKP ke pagar DWP dari sisi sebelah utara. Sementara satgas Lanal Timika masuk DWP lewat CP 01 Portsaite yakni pintu sebelah selatan.

" Pada saat dilakukan upaya penyekatan dan pengejaran terhadap masyarakat OAP yang sedang melakukan pencurian atau pengambilan konsentrat, para pelaku melihat aparat datang yang kemudian langsung melarikan diri melalui lubang pagar dan sebagian melompati pagar," katanya.

Lanjutnya, melihat para pelaku berusaha melarikan diri, pihak keamanan berhasil melihat dan menangkap satu orang pelaku yang sempat melarikan diri ke arah selatan.
"Pelaku yang berhasil kita amankan berinisial EM (20) ini kemudian menjatuhkan diri ke laut.

Karena pelaku menjatuhkan diri ke laut, kemudian polisi berhasil membujuknya untuk segera naik ke daratan dan kemudian membawanya ke pos security Portsaite guna mengambil keterangan," ungkapnya. (Tomy)

Tinggalkan Balasan