Polres Merauke Ditantang Berantas Miras

Metro Merauke – Kapolda Papua, Irjen Boy Rafli Amar menegaskan, penyebab orang mabuk akibat mengkonsumsi minuman keras (miras). Olehnya, perlu aksi nyata dari kepolisian  melakukan penindakan terhadap peredaran miras.

Permintaan itu disampaikan Kapolda saat memberi sambutan di lapangan Polres Merauke Selasa (17/4). “Saya tunggu bagaimana tindakan nyata dari Polres Merauke dalam melakukan penindakan terhadap peredaran miras di tengah masyarakat,” katanya.

Beberapa waktu lalu, demikian Kapolda, akibat meneguk miras oplosan, enam orang di Keerom meninggal dunia. “Saya berharap komitmen pemberantasan miras di Merauke, harus dijalankan,” pintanya.

Selama ini, katanya, Polres Merauke pasti sudah melakukan operasi penertiban miras, namun demikian harus konsisten. Jangan hanya menunggu perintah baru melaksanakan.

“Tanpa menunggu perintah pimpinan, operasi harus terus dilakukan dengan tetap berpegang teguh kepada amanat undang-undang,” ungkapnya.

Kapolda juga meminta Polres Merauke menerapkan program anti kejahatan jalanan. Karena program dimaksud sudah berjalan di Jayapura maupun Keerom.

Dijelaskan, dengan program itu, tidak lain  mengantisipasi orang mabuk di jalanan. Polisi mempunyai tugas menertibkan.

“Lalu, dapat melakukan koordinasi dan komunikasi ke pengadilan serta pemerintah agar orang mabuk diproses hukum dengan undang-undang tindak pidana ringan (tipiring),” pintanya. (LKF)

Tinggalkan Balasan