Kabupaten/Kota Diharapkan Cepat Bangun TIK

JAYAPURA (PT) – Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri, SE, MM meminta seluruh Kabupaten/Kota di Papua diminta mempercepat pelaksanaan pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khususnya penyediaan layanan kepada masyarakat, dunia usaha serta memperkuat koordinasi antar pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung terwujudnya e-government.

Dijelaskan, untuk menghadirkan pelayanan publik yang lebih maksimal, seperti yang diamanatkan pada UU No 25 tahun 2009, tentang penyelenggaraan negara, pemerintah sebagai pelaksana harus melaksanakan inovasi-inovasi dibidang pelayaban publik.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat maka, pelayanan mengunakan platform teknologi menjadi pilihan utama mendukung pelaksanaannya pelayanan.

“Ini juga sekaligus dalam rangka memperkuat peran Kominfo di masing-masing daerah, dalam pelayanan pemerintahan dan pembangunan sebagai kebutuhan masyarakat dengan memperkuat koordinasi,” katanya saat membuka kegiatan Rakornis Bidang Kominfo, Sosialisasi Layanan e-Govermen serta Pemberdayaan KIM-pertunra Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Papua, Senin (7/5/2018).

Diungkapkannya, pencapaian pembangunan di bidang Komunikasi dan Informatika, beberapa
waktu terakhir di Papua, menurut Penjabat Gubernur, sangat
menggembirakan dengan masifnya pembangunan infrastruktur meliputi
pembangunan Base Trancever Service (BTS) blankspot di daerah, penyedia akses internet dan berjalannya proyek pembangunan Palapa Ring Timur di 23 Kabupaten di Papua, yang dilakukan pemerintah pusat serta penetrasi, dunia usaha dibidang telekomunikasi yang motori oleh PT. Telkom Indonesia serta kepercayaan yang diberikan oleh KPK kepada pemerintah daerah.

“Maka dibutuhkan kerjasama dibidang komunikasi dan informatika antara Kabupaten dan Kota serta Provinsi untuk mempertahankan dan meningkatkan apa yang telah dicapai Selama ini” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Penjabat Gubernur juga meminta masing-masing kepala daerah khususnya daerah yang akan menjadi tuan rumah, untuk menyukseskan PON XX tahun 2020.

“Penyelenggaraan PON XX yang dilaksanakan di Papua dibutuhkan
sinergiskan yang optimal, khususnya dibidang komunikasi dan informatika untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang di dukung penuh dengan penerapan e-government terintegrasi” ujar.

Rapat koordinasi teknik dan sosialisasi kebijakan e-government serta kelompok informasi masyarakat dan Pertunra, digelar untuk memperkuat peran Kominfo dalam pelayanan pemerintahan dan pembangunan sebagai kebutuhan masyarakat serta untuk memperkuat koordinasi fungsi Kominfo antara pusat dan daerah dalam pengembangan e-government terintegrasi. (ing/dm)

Tinggalkan Balasan